Peringatan HUT TNI Ke 76, Bakal Ada Atraksi Pesawat di Istana Merdeka

Peringatan HUT TNI ke 76 akan diadakan pada tanggal 05 Oktober, Pameran alutsista dan atraksi pesawat tempur akan ditampilkan saat perayaan

Peringatan HUT TNI Ke 76, Bakal Ada Atraksi Pesawat di Istana Merdeka
Manuver pesawat tempur TNI AU (Foto: Dok. Dispenau)

BaperaNews - Peringatan HUT TNI setiap tahunnya selalu digelar meriah dengan mempertunjukkan berbagai atraksi pesawat yang menarik. Tak sedikit masyarakat yang menanti – nanti momen tersebut setiap tahun. Unjuk kebolehan para TNI AU menjadi simbol kesiapan para anggota TNI AU dalam melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tahun ini, peringatan HUT TNI ke 76 yang jatuh pada tanggal 05 Oktober, rencananya juga akan digelar meriah di Istana Merdeka dengan menampilkan atraksi total 18 pesawat tempur dari TNI AU.

Penjelasan dari Marsekal TNI Fadjar Prasetyo (Kepala Staf TNI AU), serangkaian demo atraksi pesawat tempur yang akan digelar nanti, merupakan sebuah kebanggaan bangsa. Kemahiran TNI AU menunjukkan kekuatan sebagai negara di kancah internasional.

Fadjar Prasetyo mengungkapkan tepat saat mengecek langsung serangkaian gelada bersih demo atraksi udara yang dilakukan di Halim Perdana Kusuma pada hari Minggu kemarin.

“Ini merupakan prestasi dan kebanggaan bagi TNI AU bisa menggelar serangkaian atraksi pesawat tempur dan juga helikopter di lingkungan Istana Merdeka, “ ungkapnya.

Fadjar Prasetyo juga menambahkan bahwa proses latihan telah dilaksanakan pada tanggal 01 Oktober dan tanggal 02 Oktober lalu. 

Beliau juga memberikan peringatan kepada masyarakat, selama proses demo atraksi pesawat tempur berlangsung, ada baiknya jika tetap memperhatikan protokol kesehatan. Jangan sampai ada kerumunan.

“Kita semua bisa menunjukkan sikap dan perilaku yang terbaik selama gelaran atraksi pada peringata HUT TNI AU ke – 76,” kata Fadjar Prasetyo.

TNI Indan Gilang Buldansyah (Kadispenau Marsma) juga menambahkan, bahwa proses latihan yang telah dilaksanakan tempo hari, patu disyukuri karena berjalan dengan aman dan lancar tanpa kendala suatu apapun

“Mari kita bersama – sama berdoa demi kelancaran dan keamanan demo atraksi yang akan digelar 05 Oktober mendatang,” kata Indan Gilang Buldansyah.

Untuk rincian pesawat yang akan melakukan atraksi antara lain 6 unit pesawat Golden Flight (jenis T-50i Golden Eagle), 6 unit pesawat Dragon Flight (jenis F-16 Fighting Falcon) dan 6 unit pesawat Bajra Flight (jenis SU 27/30).

Rencananya, manuver Bomb Burst yang akan dilakukan dengan ketinggian sekitar 1000 kaki dengan formasi terbang Arrow head sebanyak 2 kali atraksi dan interval waktunya 25 menit.

Kemudian akan berlanjut dengan atraksi helicopter milik TNI AU, TNI AD dan TNI AL sebanyak 8 unit helikopter Trimatra Flight yang rencananya dibagi menjadi 2 bagian.