Transparansi Mentri Keuangan Sri Mulyani Mengenai Anggaran PON XX Papua

Menteri Keuangan Sri Mulyani buka transparansi anggaran PON XX Papua 2021. Dana terbesar untuk infrastruktur olahraga, Ini merupakan bentuk pemerataan yang diupayakan oleh pemerintah.

Transparansi Mentri Keuangan Sri Mulyani Mengenai Anggaran PON XX Papua
Menteri Kuangan Sri Mulyani memberikan keterangan kepada wartawan terkait realisasi APBN triwulan pertama 2018 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (16/4/2018). Sri Mulyani menyatakan realisasi defisit anggaran APBN pada triwulan pertama telah mencapai 0,58 persen terhadap PDB atau sekitar Rp85,8 triliun yang mana angka tersebut paling rendah dalam periode sama selama tiga tahun terakhir.(KOMPAS/SIGID KURNIAWAN)

BaperaNews - PON XX Papua yang saat ini sedang digelar terhitung telah menggunakan dana negara sebesar 10,43 triliun rupiah. Menteri Keuangan Sri Mulyani menjabarkan tentang penggunaan anggaran PON XX Papua

Total anggaran yang digunakan tersebut yakni keseluruhan biaya yang dihabiskan untuk mendukung terselenggaranya PON XX. Mulai dari proses pembangunan dari 2018 hingga pelaksanaan di Oktober 2021.

Dana paling besar yang dihabiskan untuk mendukung PON XX ialah untuk infrastruktur berbagai cabang olahraga. Ini merupakan bentuk pemerataan yang diupayakan oleh pemerintah.

Mengingat banyaknya infrastruktur yang tertinggal dan baru tersentuh di periode kepemimpinan Presiden Jokowi, menjadi hal yang wajar jika anggaran infrastukturnya pun sangat besar.

Selain itu, pemerintah juga mengupayakan pembangunan infrastuktur untuk gelaran PON XX tak hanya berskala nasional, namun juga berskala internasional.

Sri Mulyani menjelaskan, bahwasannya untuk proses penyaluran dana pembangunan infrasturkturnya dilakukan secara bertahap dan dengan beberapa skema. Untuk skema penyaluran dana yang digunakan adalah dengan membelanjakan langsung melalui kementrian dan juga melakukan penyaluran dana melalui anggaran dari Pemerintahan Provinsi Papua.

“Untuk perincian APBN yang disalurkan mulai tahun 2018 hingga tahun 2021 antara lain 1,092 triliun rupiah pada tahun 2018, 4,386 triliun rupiah pada tahun 2019, 2,598 triliun rupiah pada tahun 2020, dan 2,373 triliun rupiah pada tahun 2021. Jika ditotal secara keseluruhan, biayanya mencapai 10,43 triliun rupiah,” kata Mentri Keuangan Sri Mulyani.

Presiden Jokowi telah membuka secara resmi gelaran PON XX Papua yang acaranya berpusat di Stadion Lukas Enembe.

Dalam perayaan pesta olahraga terbesar nasional di masa pandemi ini, Presiden Jokowi berharap selama gelaran kompetisi bisa dilakukan dengan penuh semangat dan menomorsatukan sportivitas. Presiden juga berharap, tali persaudaraan bangsa menjadi semakin erat sehingga persatuan dan kesatuan bangsa bisa terus dipertahankan serta dijaga.

Presiden Jokowi tampak bahagia, melihat kerja keras yang telah dilakukan selama 4 tahun terakhir, menghasilkan pusat olahraga terbesar di Papua yang megah dan berskala internasional.

Acara PON XX Papua juga dimeriahkan oleh artis papan atas Raffi Ahmad yang diberikan tanggung jawab sebagai presenter selama gelaran pesta olahraga tersebesar se Indonesia itu.