Perampok Bobol ATM Pakai Bom, Uang Pun Ikut Hangus Terbakar

Aksi pembobolan ATM menggunakan serangan bom baru-baru ini terjadi, membuat uang di dalam ATM ikut terbakar.

Perampok Bobol ATM Pakai Bom, Uang Pun Ikut Hangus Terbakar
Perampok bobol ATM memakai Bom dan uang pun ikut hangus terbakar. Gambar : vice.com

BaperaNews - Aksi pembobolan ATM baru-baru ini terjadi di negara Belanda yang memakai serangan bom, namun skala bom tidak diukur, membuat para perampok harus pulang dengan tangan hampa karena uang di dalam mesin ATM ikut hangus.

Pembobolan ATM meresahkan warga Amsterdam, ibu kota Belanda selama bertahun-tahun. Modis pelaku sebelumnya memakai kompresor udara, namun mereka harus mengubah cara sebab aksi tersebut mendapat perhatian khusus yang akhirnya bisa dilumpuhkan dan dicegah kepolisian setempat.

Polisi melakukan pencegahan dengan memperketat standar keamanan bilik ATM, dengan menutup ATM mulai pukul 11 malam, dan mengubah desain mesin ATM sedemikian rupa hingga sulit dibobol. Namun hal itu tidak menghentikan aksi para perampok.

Namun, para perampok ATM kemudian merubah taktik dengan memakai bom dengan niat bisa menghancurkan ATM untuk menguras uang di dalamnya.

Insiden pembobolan ATM terbaru terjadi pada Minggu (24/7) di dekat sebuah toko di kawasan Amsterdam Timur, Belanda. Anggota geng perampok nekat menerobos pengaman dengan meledakkan teralis besi pada setengah dini dini hari waktu setempat.

“Bom pertama diledakkan agar perampok bisa masuk gedung, serangan bom lain diarahkan ke ATM” ujar seorang petugas kepolisian Amsterdam. “Ledakan begitu dahsyat sehingga membuat kaca gedung jendela di dekatnya ikut meledak, sejumlah warga terpaksa keluar rumah untuk mencari keselamatan” lanjutnya.

Baca Juga : Kominfo Lewat Aturan PSE Bisa Intip Pesan Whatsapp dan Gmail

Dari rekaman CCTV yang telah diperiksa polisi, dua orang pemuda yang nampak kabur dengan skuter elektrik setelah gagal lakukan aksi merampok ATM, akibat mesin dan uang di dalam ATM semuanya hangus, mereka kabur dengan tangan kosong tanpa membawa hasil apapun.

“Mereka memakai bahan peledak terlalu kuat, semuanya hancur” jelas polisi.

Aksi perampokan ATM kemudian terjadi lagi dalam beberapa hari kemudian dengan cara yang sama, membuat ATM dan seisi toko tembakau yang pada saat itu tutup pada dini hari termasuk gedung di dekatnya rusak terkena ledakan bom tersebut.

Polisi mencurigai pelaku yang sama dan hingga kini masih dilacak keberadaannya. “Mereka tidak jago mengoperasikan bom, sehingga uang di dalam mesin ikut hangus terbakar karenanya, mereka belum bisa beradaptasi sejak mereka menggunakan kompresor udara” terang polisi tersebut.

Aksi perampokan ATM dengan bom juga marah di Jerman dan Belgia, membuat penegak hukum Uni Eropa membuat tim gabungan khusus untuk menyelidikinya. Geng perampok tersebut diduga telah kabur melalui perbatasan internasional.

Baca Juga : Gokil! Berkunjung Ke Jepang, Jokowi Langsung Dapet Investasi Puluhan Triliun Dari 10 Perusahaan