Gokil! Berkunjung Ke Jepang, Jokowi Langsung Dapet Investasi Puluhan Triliun Dari 10 Perusahaan

Presiden Jokowi berkunjung ke Jepang pada Rabu (27/07). Dalam kunjungan tersebut, Jokowi membawa komitmen investasi dari sejumlah perusahaan di Jepang.

Gokil! Berkunjung Ke Jepang, Jokowi Langsung Dapet Investasi Puluhan Triliun Dari 10 Perusahaan
Presiden Jokowi berkunjung ke Jepang pada Rabu (27/07). Dalam kunjungan tersebut, Jokowi membawa komitmen invetasi dari sejumlah perusahaan di Jepang. Gambar : Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

BaperaNews - Presiden RI Joko Widodo berkunjung ke Jepang pada Rabu (27/7), dalam kunjungan bilateral tersebut, Jokowi disebutkan membawa sejumlah komitmen investasi dari sejumlah perusahaan Negeri Sakura tersebut.

Sebagaimana dilansir dari AntaraNews, Jokowi bersama Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mendapatkan komitmen investasi senilai US$ 5,2 Miliar atau Rp 75,4 Triliun dari 10 perusahaan Jepang.

Komitmen tersebut didapat ketika Jokowi menghadiri kegiatan The Japan CEO Meeting 2022 yang dihadiri sejumlah perusahaan besar seperti Sharp, Denso, Inpex, Mitsubishi, Sojitz, dan Toyota.

Untuk bisa mendapat investasi fantastis tersebut, Jokowi sebelumnya mengungkap iklim usaha kondusif dan ramah Indonesia untuk para pelaku usaha, salah satunya dengan memberlakukan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

“Saya harap investor Jepang semakin aktif dalam meningkatkan investasi di Indonesia, yang bisa betul-betul menguntungkan, tidak hanya untuk perusahaan namun juga untuk perusahaan nasional dan UMKM melalui kerjasama investasi” ujarnya hari Rabu.

“Untuk itu, saya tugaskan Menteri Investasi untuk mengawal dengan baik semua rencana investasi, baik investasi yang baru maupun perluasan” imbuhnya.

Baca Juga : Xi Jinping Beri Pujian Jokowi Soal Misi Perdamaian Rusia dan Ukraina

Bahlil pun menyatakan kesanggupannya untuk memenuhi perintah dari Jokowi. “Kami menyambut apresiasi yang tinggi atas kehadiran dan penyampaian minat investasi dari CEO dan pimpinan perusahaan asal Jepang yang saya yakin berharga bagi hubungan kedua Negara” tuturnya.

“Kami tawarkan peluang emas bagi para investor Jepang untuk berinvestasi di Indonesia guna meningkatkan ketahanan rantai pasok bagi masyarakat Indonesia dan Jepang di masa depan” tandasnya.

Dari Catatan Kementrian Investasi, realisasi investasi Jepang di Indonesia pada tahun 2017 – Juni 2022 mencapai US$ 20,86 Miliar dan menjadi Negara ke-2 terbesar investasinya di Indonesia.

Selain membahas investasi, berikut poin-poin utama lainnya dari hasil pertemuan Jokowi dan PM Jepang Fumio Kishida di Tokyo pada Rabu (27/7) :

  1. Memperkuat hubungan Indonesia dan Jepang. “Kami akan jadikan momentum kunjungan Presiden Jokowi sebagai momentum mempererat hubungan, kita akan memperingati 65 tahun hubungan diplomatik” ujar Kishida.
  2. Jokowi menyampaikan undangan KTT G20. “Saya harap PM Kishida bisa hadir dalam KTT G20 nanti di Bali” kata Jokowi.
  3. Jepang gabung latihan militer Indonesia Garuda Shield yang dimulai Agustus 2022 mendatang.
  4. Donasi kapal patroli laut untuk Indonesia.
  5. Jepang memberi Indonesia dana pinjaman senilai Rp 4,7 Triliun (43,6 Yen) untuk proyek infrastruktur.
  6. Jokowi sampaikan duka cita atas kematian eks PM Shinzo Abe.
  7. Kerjasama perdagangan dan investasi.