Pemerintah Putuskan Menambah Penerima BLT Subsidi Gaji

Penerima BLT subsidi gaji secara resmi ditambah Rp 1,791 triliun oleh pemerintah karena anggaran tersebut masih tersisa

Pemerintah Putuskan Menambah Penerima BLT Subsidi Gaji
Ilustrasi Uang. Gambar : Ahsanjaya / Pexels

BaperaNews - Pemerintah secara resmi memutuskan akan menambah atau memperluas jangkauan pekerja penerima bantuan subsidi upah atau BLT.

Airlangga Hartarto selaku Menko Perekonomian menyampaikan bahwa dengan keputusan ini, maka total jumlah pekerja yang akan diberi bansos khusus pekerja ini mencapai 8.783.350 orang.

Kemudian ia pun menjelaskan bahwa peningkatan jangkauan itu dilakukan atas usul dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Adapun dana perluasan jangkauan akan diambilkan dari anggaran sebesar Rp8,7 triliun yang sebelumnya sudah dialokasikan pemerintah untuk program tersebut.

Pada hari Selasa (26/10/2021), Airlangga Hartarto menambahkan bahwa kebetulan anggaran untuk program tersebut masih tersisa Rp1,791 triliun. Ia berharap perluasan jangkauan ini dapat dilaksanakan karena tidak ada ada perubahan kriteria penerima.

Sebagai informasi, pemerintah telah menyiapkan anggaran BLT subsidi gaji sebesar Rp8,7 triliun. Rencananya, dana tersebut akan diberikan kepada 8.783.350 pekerja yang terdampak pandemi covid-19 dan telah memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan subsidi gaji tersebut.

Akan tetapi dalam keterangan resmi pada Rabu (29/09/2021), Indah Anggoro Putri selaku Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kementerian Ketenagakerjaan menyampaikan bahwa anggaran BLT subsidi gaji itu masih tersisa.

Adapun sisa anggaran BSU tersebut yaitu sebesar Rp1,791 triliun dan akan menyasar 1.791.477 pekerja.Oleh karena itu, pihaknya mengusulkan agar sisa dana tersebut digunakan untuk dapat memperluas jangkauan pekerja penerima BLT subsidi gaji.