Nadiem Keluarkan Aturan Baru Soal Seragam SD Hingga SMA, Termasuk Baju Adat

Kemendikbudristek Nadiem Makarim mengeluarkan aturan baru tentang pemakaian seragam SD hingga SMA, termasuk tentang baju adat yang dipakai untuk hari-hari tertentu.

Nadiem Keluarkan Aturan Baru Soal Seragam SD Hingga SMA, Termasuk Baju Adat
Nadiem Makarim keluarkan aturan baru soal seragam SD, SMP, hingga SMA. Gambar : Dok. Kemenag

BaperaNews - Mendikbudristek Nadiem Makarim menyampaikan aturan baru tentang seragam SD, SMP hingga SMA, aturan berlaku mulai 7 September 2022. Aturan termasuk tentang baju adat atau baju yang dipakai siswa di hari-hari tertentu.

Aturan baru tentang seragam SD, SMP hingga SMA telah ditulis secara resmi di Peraturan Mendikbudristek Nomor 50 Tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Aturan dibuat dengan tujuan menanamkan dan menumbuhkan rasa nasionalisme, kebersamaan, dan menguatkan persaudaraan antar siswa, juga membuat kesetaraan antar siswa tanpa memandang latar belakang dari sosial ekonomi orang tuanya juga meningkatkan disiplin dan tanggung jawab siswa.

Ada tiga jenis seragam sekolah yang disebutkan di Pasal 3, yakni seragam nasional, pramuka, dan baju adat. Sedangkan Pasal 4 menjelaskan tentang kewenangan pengaturan seragam baju adat siswa oleh Pemerintah Daerah.

Berikut Aturan Baru Seragam Sekolah di Indonesia:

  1. Model dan Warna Seragam Nasional
  • SD/ SLB : atasan kemeja putih, bawahan rok atau celana merah hati.
  • SMP/SMP LB : atasan kemeja putih, bawahan celana atau rok biru tua.
  • SMA/ SMK/ sederajat : atasan kemeja putih, bawahan rok atau celana biru abu-abu.
  1. Seragam Pramuka

Sesuai dengan model dan warna yang ditetapkan Kwartir Gerakan Nasional Pramuka Indonesia.

Baca Juga : RUU Sisdiknas Terbaru: Wajib Belajar Menjadi 13 Tahun

  1. Seragam Khas Sekolah

Ialah seragam yang coraknya dibuat oleh pihak sekolah sendiri, ditetapkan dengan memperhatikan hak tiap peserta didik untuk menjalankan kepercayaan dan agama sesuai keyakinannya.

  1. Baju Adat

Ditetapkan oleh Pemerintah Daerah dengan memperhatikan hak siswa sesuai dengan kepercayaan dan keyakinannya.

  1. Jadwal Pemakaian Seragam

Seragam nasional dipakai Senin dan Kamis dan hari pelaksanaan upacara bendera. Seragam pramuka dan khas sekolah hari pemakaiannya ditetapkan pihak sekolah. Baju adat dipakai di hari-hari adat tertentu sesuai daerah masing-masing.

  1. Seragam Upacara Bendera

Pasal 11 ayat 1 menjelaskan aturan seragam siswa ketika upacara bendera ialah topi pet dan dasi sesuai warna pakaian seragam nasional jenjang sekolah, bagian depan topi ada logo Tut Wuri Handayani.

Aturan baru tentang seragam sekolah wajib dijalankan mulai 7 September 2022 menggantikan aturan sebelumnya Permendikbud Nomor 45 Tahun 2014. Diharapkan pihak sekolah bisa menjalankan aturan dan memberi sosialisasi pada siswanya tentang seragam sekolah yang baik dan benar.

Baca Juga : Syarat, Jenis Tes Dan Aturan SBMPTN 2023 Terbaru