Mulai 29 Oktober, Penerbangan Bandara Husein Sastranegara Resmi Pindah ke Kertajati

Mulai 29 Oktober 2023, penerbangan komersil domestik dan internasional dari Bandara Husein Sastranegara akan dialihkan ke Bandara Kertajati.

Mulai 29 Oktober, Penerbangan Bandara Husein Sastranegara Resmi Pindah ke Kertajati
Mulai 29 Oktober, Penerbangan Bandara Husein Sastranegara Resmi Pindah ke Kertajati. Gambar : Tempo/STR/Prima Mulia

BaperaNews - Mulai 29 Oktober 2023, seluruh penerbangan komersil domestik dan internasional di Bandara Husein Sastranegara akan beralih ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau dikenal dengan Bandara Kertajati di Majalengka.

"Sehingga pengalihan dari Bandung total akan ada 30 pergerakan per hari di Kertajati. Awalnya hanya 340 penumpang per hari, namun nantinya akan bisa melayani 3.200 penumpang per hari," jelas Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Putu Eka Cahyadi di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (15/9).

Keputusan ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah penumpang harian di Bandara Kertajati.

Seluruh penerbangan berjadwal dari Bandung menggunakan pesawat jet akan berakhir pada 28 Oktober 2023. Namun, Bandara Husein Sastranegara tidak sepenuhnya ditutup. Bandara tersebut masih akan melayani angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri dengan pesawat jenis propeller.

Sebagai bagian dari transisi ini, rute penerbangan dalam negeri yang dialihkan dari Bandung ke Bandara Kertajati mencakup tujuan-tujuan populer seperti Medan, Batam, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Denpasar. Beberapa maskapai besar, termasuk Citilink Indonesia, Indonesia AirAsia, dan Super Air Jet, telah memulai operasi mereka di Bandara Kertajati.

Baca Juga : Jokowi: Bandara Kertajati Beroperasi Penuh Mulai Oktober 2023

Tak hanya penerbangan domestik, Bandara Kertajati juga telah melayani rute penerbangan berjadwal luar negeri tujuan Kuala Lumpur sejak pertengahan Mei 2023. Frekuensi penerbangan ini berpotensi meningkat menjadi empat kali per minggu mulai pertengahan Oktober, melebihi rencana awal.

Namun, bagi penumpang yang lebih suka menerbangkan pesawat propeller, Bandara Husein Sastranegara masih memiliki tawaran.

"Bandara Husein Sastranegara tetap melayani rute penerbangan berjadwal dengan pesawat baling-baling menuju Bandar Udara Adi Sutjipto oleh Wings Air dengan pesawat ATR72-600," tambah Putu Eka Cahyadi.

Dalam sambutannya, Nuril Huda Mahmudan, Executive General Manager BIJB Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, membenarkan perkembangan tersebut. Dia menuturkan bahwa selain Air Asia, Malaysia Airlines juga telah merencanakan rute penerbangan dari Bandara Kertajati ke Kuala Lumpur mulai 2 Oktober 2023, dengan jadwal setiap hari Senin dan Jumat.

Kehadiran Bandara Kertajati sebagai fasilitas penerbangan internasional terbesar di Jawa Barat menunjukkan komitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan penerbangan di Indonesia. Putu menegaskan bahwa seluruh fasilitas di bandara ini telah dipersiapkan dengan baik untuk menjamin kenyamanan, keamanan, dan pelayanan yang prima bagi seluruh penumpangnya.

Dengan penambahan lalu lintas penerbangan ini, diharapkan Bandara Kertajati Majalengka akan semakin berkembang menjadi salah satu hub penerbangan utama di Indonesia, sejajar dengan Bandara Husein Sastranegara di Bandung.

Baca Juga : Transjakarta Siap Buka Rute Ke Bandara Soetta