Mayang Bakal Dipolisikan Usai Tertawakan Upacara Kemerdekaan di Istana

Mayang Lucyana, adik Vanessa Angel, menjadi sorotan dan mendapat banyak kecaman akibat tertawa saat upacara bendera 17 Agustus di televisi.

Mayang Bakal Dipolisikan Usai Tertawakan Upacara Kemerdekaan di Istana
Mayang Bakal Dipolisikan Usai Tertawakan Upacara Kemerdekaan di Istana. Gambar : Instagram/@mayaang.lucyaana

BaperaNews - Upacara Kemerdekaan Istana Negara maupun di tempat lain yang diselenggarakan oleh setiap insan warga Negara sejatinya dilewati dengan khidmat dan tenang.

Namun Mayang Lucyana, adik dari almarhum artis Vanessa Angel justru menertawakannya ketika melihat upacara bendera 17 Agustus dalam rangka hari kemerdekaan RI di televisi.

Mayang Lucyana menertawakan upacara bendera diketahui warganet dari unggahan rekan Mayang, Lolly Unyu yang mengunggah peristiwa itu di Insta Storynya.

Ketika melihat Upacara Kemerdekaan Istana Negara yang disiarkan di televisi, nampak Mayang Lucyana ikut hormat namun dalam posisi tiduran di kasur, posisi kaki diangkat, dan juga menertawakan upacara sakral tersebut. Upacara hari kemerdekaan yang ia lihat dijadikan candaan olehnya.

“Hormat heey hormaaat. Hormat kalian semua” kata Mayang ketika menonton sambil tertawa terbahak-bahak saat mendengar komando hormat kepada bendera merah putih oleh pemimpin upacara.

Aksi mayang yang seolah jadikan upacara hari kemerdekaan sebagai guyonan pun mendapat kecaman dari warganet. 

Baca Juga : Pegawai ASN Purbalingga Meninggal Usai Lomba Nyanyi

Mayang dianggap tidak menghargai pentingnya mengingat jasa para pahlawan ketika Upacara Kemerdekaan Istana Negara dilaksanakan padahal para pesertanya yang hadir langsung di lapangan datang dan mengikuti prosesinya dengan serius. Alhasil, warganet mendesak agar Mayang dilaporkan ke polisi.

“Proses proses, polisikan!”, “Mayang panik”, “Padahal kalau nonton itu wah keren banget boro-boro ketawa”, “Aku yang kemarin nonton nangis terharu cuma bisa geleng kepala lihat ini”, komentar warganet.

@baperanews.com Mayang Lucyana, adik Vanessa Angel, menjadi sorotan dan mendapat banyak kecaman akibat tertawa saat upacara bendera 17 Agustus di televisi #mayangadikvanessa #mayang #upacara17agustus #baperanews #viral ♬ News program headlines(867898) - みんと

Pakar Hukum: Mayang Terancam 5 Tahun Penjara

“Kalau memang tujuannya untuk menghina atau melecehkan apapun itu yang ada di upacara kemerdekaan, paling tidak jelas yang mereka lihat itu upacara 17 Agustus ya yang mana itu adalah momen sakral bisa saja ini dilaporkan atas dugaan penghinaan dan sejenisnya karena terkait bendera dan lagu kebangsaan sudah diatur di UU 24/2009 dengan ancaman hukuman 5 tahun Akun yang upload juga bisa kena sanksi pidana UU ITE Pasal 27 ayat 4. Kalau memang terbukti harus ada yang lapor entah itu ormas atau masyarakat” jelas pakar hukum Jaenudin hari Selasa (22/8).

Mayang tidak sendirian ketika menonton upacara kemerdekaan di televisi tersebut, ada juga Doddy Sudrajat ayah Mayang. Baik Mayang maupun keluarganya belum berkomentar terkait hal ini.

Baca Juga : Jembatan Putus di Sekadau Saat Lomba Tangkap Bebek, 28 Orang Luka-luka