Mantan Politisi AS Dihukum Penjara Seumur Hidup Usai Bunuh Jurnalis

Mantan pejabat publik Clark County, Robert Telles, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup setelah terbukti membunuh jurnalis Jeff German. 

Mantan Politisi AS Dihukum Penjara Seumur Hidup Usai Bunuh Jurnalis
Mantan Politisi AS Dihukum Penjara Seumur Hidup Usai Bunuh Jurnalis. Gambar : US News/K.M Cannon

BaperaNews - Mantan pejabat publik Clark County, Robert Telles, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup atas pembunuhan jurnalis Jeff German. 

Kasus ini mencuat pada tahun 2022 setelah Telles membunuh German, seorang reporter dari Las Vegas Review Journal, yang sedang menyelidiki tindakannya.

Jaksa Penuntut Umum, Christopher Hamner, mengungkapkan bahwa Telles, yang berusia 69 tahun, dihukum karena perbuatannya yang disengaja dan telah direncanakan.

Telles dikatakan telah mengintai German sebelum menikamnya hingga tewas di luar rumahnya di pinggiran Las Vegas

"Seorang jurnalis kehilangan nyawanya karena laporan yang tidak disukai oleh seorang politisi," kata Hamner dalam keterangannya, dikutip Reuters, Kamis (29/8).

Telles ditangkap pada bulan September 2022 setelah German ditemukan tewas dengan luka tikam. Selama persidangan, bukti termasuk DNA Telles ditemukan di bawah kuku German dan rekaman video mobil yang digunakan pelaku, yang cocok dengan kendaraan terdaftar atas nama istri Telles.

Selain itu, Telles sempat kalah dalam pemilihan pendahuluan Demokrat sehari sebelum pembunuhan German, setelah German menerbitkan laporan yang mengkritik Telles.

Baca Juga : Usai Dituding Hina Raja, Eks PM Malaysia Muhyiddin Didakwa

Selama pembacaan putusan, Telles terlihat menggelengkan kepala sementara keluarganya menangis. Pengacara Telles, Robert Draskovich, memohon agar hukuman diringankan dengan memberikan kesempatan pembebasan bersyarat, mengingat Telles tidak memiliki catatan kriminal sebelumnya.

Namun, permohonan tersebut ditolak, dan Telles dijatuhi hukuman seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat setelah 20 tahun.

Telles mengklaim bahwa dia dijebak dalam kasus ini setelah mencoba mengungkap dugaan skema suap. Namun, pengacara pembela, Robert Langford, menyebut bukti DNA sebagai "bukti yang tidak dapat dibantah" terhadap Telles.

Jeff German dikenal selama puluhan tahun karena liputannya tentang korupsi dan kejahatan terorganisasi di Las Vegas. Kematian German merupakan satu-satunya kasus pembunuhan jurnalis yang tercatat di AS pada tahun 2022, menurut catatan Committee to Protect Journalists (CPJ). 

Editor Eksekutif Las Vegas Review Journal, Glenn Cook, menegaskan bahwa laporan German adalah bentuk upaya untuk membuat pejabat terpilih bertanggung jawab. "Pembunuhan jurnalis tidak akan ditoleransi di Las Vegas," ujarnya.

Baca Juga : Elon Musk Minta Bos Telegram Dibebaskan!