Lion Air Larang Main lato-Lato di Pesawat, Bisa Disita?

Maskapai penerbangan Lion Air melarang penumpang untuk main lato lato di pesawat, apa alasan Lion Air larang penumpang main lato lato? Simak disini.

Lion Air Larang Main lato-Lato di Pesawat, Bisa Disita?
Lion Air larang main lato-lato di pesawat. Gambar : Riau Pos

BaperaNews - Maskapai pesawat terbang Indonesia Lion Air (PT Lion Air Group) resmi melarang penumpang bermain lato-lato di dalam pesawat, sebab dianggap mengganggu kenyamanan dan keamanan penumpang lainnya.

“Lato-lato dilarang Lion Air dan tak boleh dimainkan di dalam pesawat selama penerbangan sebab akan mengganggu keamanan dan kenyamanan serta keselamatan penumpang lain, dari bunyi dan gerakan yang ditimbulkan” bunyi pernyataan resmi dari Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala pada Rabu (15/2).

Lato-lato dilarang Lion Air untuk dimainkan di dalam pesawat, namun tetap boleh dibawa ke pesawat, tidak termasuk dalam barang yang dilarang dibawa ke penerbangan, dengan demikian, masih diperbolehkan membawa lato-lato ke pesawat, namun tidak untuk dimainkan di pesawat.

Danang Mandala menyampaikan keputusan lato-lato dilarang Lion Air ini telah sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan KM 211/2020 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional.

Lion Air mewajibkan semua penumpang mengikuti ketentuan ini dalam upaya mengedepankan aspek keselamatan, kenyamanan, dan keamanan semua penumpang dan kru selama penerbangan. Hal ini untuk menjamin perjalanan udara berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Baca Juga : Kronologi Anak 8 Tahun di Kalbar Operasi Mata Usai Bermain Lato-Lato

Lato-lato ialah mainan tradisional yang saat ini masih digandrungi banyak orang, tidak hanya anak-anak, namun juga orang dewasa. Lato-lato berasal dari bola keras yang ditali dengan bandul, ketika dimainkan, dua bandul akan bertemu, menimbulkan suara tek-tek-tek, semakin cepat mainnya, semakin cepat pula bunyi tek-tek-tek tersebut akan muncul.

Namun lato-lato seringkali menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang di sekitarnya dari suara yang ditimbulkan. Misalnya jika sedang belajar, bisa mengganggu konsentrasi orang yang sedang belajar.

Sebab itu sejumlah sekolah di berbagai daerah Indonesia resmi melarang siswanya membawa atau memainkan lato-lato ke sekolah agar tidak mengganggu pembelajaran.

Kini Lion Air larang lato-lato dimainkan di dalam pesawat dan tidak menutup kemungkinan maskapai penerbangan lain akan menerbitkan aturan yang sama. Tentu hal ini berhubungan dengan kenyamanan.

Perjalanan pesawat terbang seringkali menjadi waktu untuk istirahat bagi para penumpang, untuk menikmati ketenangan atau pemandangan dari atas pesawat. Sebab itu tidak dibenarkan semua kenyamanan tersebut akan terganggu oleh suara lato-lato.

Lato-lato boleh dimainkan di tempat khusus seperti di rumah, bukan di tempat atau kendaraan umum yang beresiko mengganggu kenyamanan orang lain.

Baca Juga : Pengusaha Asal Sumbar Ekspor 785 Kg Lato-Lato ke Malaysia