Penyebab Ledakan yang Terjadi di Rs Eka Hospital Tangsel

Rumah Sakit Eka Hospital Serpong, Tangerang Selatan, mengalami ledakan karena salah satu alat kesehatan mengalami overheat.

Penyebab Ledakan yang Terjadi di Rs Eka Hospital Tangsel
Penyebab Ledakan yang Terjadi di Rs Eka Hospital Tangsel. Gambar : Kompas.com/Dok. Chaerul Halim

BaperaNews - Terjadi ledakan di Rumah Sakit Eka Hospital Serpong, Tangerang Selatan pada Kamis pagi (21/9) pukul 05.00 WIB karena salah satu alat kesehatan yang overheat kemudian meledak. 

Sebelum ledakan RS Eka Hospital Tangsel, terdapat percikan api dari sebuah ruangan yakni dari alat UPS penyuplai listrik untuk MRI.

Sumber Ledakan RS Eka BSD Serpong

“Itu overheat sehingga muncul ledakan RS Eka Hospital Tangsel, timbul percikan api kemudian meledak. Kebakaran langsung dipadamkan sama pihak sekuriti. Korban ledakan RS Eka Tangsel sementara tidak ada. Kebakaran di ruang radiologi dari alat kesehatan. Satu ruangan aja ga parah banget. Kami masih panggil Gegana dan labfor untuk cek TKP” terang Kanit Reskrim Polsek Serpong Iptu Dovie Eudy.

“Pihak Rumah Sakit Eka Hospital langsung pindahkan pasien, tidak ada korban ledakan RS Eka Tangsel, tidak ada yang luka. Pasien di dekat ruangan itu langsung dipindah ke lantai bawah” imbuhnya.

Ketika kejadian, sekuriti langsung padamkan dengan APAR. Kebakaran akibat ledakan RS Eka Hospital Tangsel tidak lama namun timbulkan banyak asap sehingga membuat pasien cukup panik karena ledakan terdengar di ruangan lain. Namun petuga bertindak cepat sehingga tidak ada korban ledakan RS Eka Tangsel.  

Baca Juga : Gegara Pengharum Ruangan Meledak, Rumah di Cibinong Hancur

Kronologi Ledakan Rumah Sakit Tangsel

Sumber ledakan rumah sakit Tangsel berasal di sebuah ruangan radiologi. Ada alat kesehatan yang memercikkan api namun api tidak sampai membesar. Kondisi usai terjadi ledakan rumah sakit Tangsel ditangani dengan cepat sehingga semua kondusif dan aman, tidak ada masalah berarti. Polisi yang datang ke lokasi telah amankan bahan-bahan kimia di TKP yang dinilai berbahaya.

“Langkah ini dilakukan karena kita masih cek dan olah TKP memastikan bahan kimianya aman atau tidak” pungkas Iptu Dovie.

Keterangan Rumah Sakit Eka Hospital

Ledakan dipastikan terjadi karena alat radiologi yang meledak, pihak Rumah Sakit Eka Hospital BSD mengakui ledakan terjadi karena ada alat kesehatan yang kelebihan daya atau dicharge berlebihan sehingga terlalu panas dan meledak.

“Eka Hospital BSD mengkonfirmasi ada percikan api dari Unit Power Supply/ UPS karena overheating akibat kelebihan daya. Insiden sudah ditangani dengan baik dan semua kegiatan operasional berjalan normal. Tidak ada korban luka maupun korban jiwa dari pasien maupun karyawan” jelas Eka Hospital.

Baca Juga : Laporan Dianggap Bercanda, Rumah Warga di Cilegon Ludes Terbakar