Latihan Militer Australia-AS Dihentikan Karena Helikopter Jatuh

Kecelakaan helikopter MRH-90 Taipan di Australia menyebabkan 4 awak hilang. Simak selengkapnya!

Latihan Militer Australia-AS Dihentikan Karena Helikopter Jatuh
Latihan Militer Australia-AS Dihentikan Karena Helikopter Jatuh. Gambar : AP/AAP IMAGE/DAVE HUNT

BaperaNews - Pemerintah Australia menghentikan latihan militer yang dilakukan pasukannya bersama militer Amerika Serikat usai terjadi kecelakaan helikopter militer Australia. Helikopter jatuh menyebabkan 4 awaknya hilang.

Helikopter yang jatuh ialah MRH-90 Taipan yang membawa awak Pasukan Pertahanan Australia. Helikopter jatuh ke perairan lepas pantai timur laut Queensland pada hari Jumat (27/8) pukul 22.30 waktu setempat.

“Keluarga dari 4 awak helikopter jatuh yang jadi korban telah dikabari atas kecelakaan helikopter militer Australia ini. Harapan dan pikiran kami tertuju pada awak dan keluarganya” kata Menteri Pertahanan Australia Richard Marles.

4 Awak Masih Dicari

Marles menyebut aparat masih mencari 4 awak yang hilang. Helikopter jatuh di perairan dekat Pulau Linderman, Queensland dimana opsi pencarian dilakukan dengan pesawat dan kapal laut.

“Kami bertemu hari ini dengan hati yang berat. Tadi malam pukul 22.30 terjadi kecelakaan helikopter militer Australia MRH-90 di perairan dekat Hamilton dimana helikopter itu terlibat dalam misi 2 helikopter. Ada helikopter lain hadir, pencarian dan penyelamatan telah dimulai. Saat ini ada 4 awak belum ditemukan, upaya penyelamatan masih berlanjut” imbuh Marles.

Baca Juga : Rusia Unggul Perang Di Ukraina, Amerika: Mereka Belajar Dari Kesalahan

Pernyataan PM Australia dan Menteri AS

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese menyebut pikiran mereka bersama orang terkasih yang saat ini hilang.

“Semua warga Australia menyimpan pada harinya dan kami memegang harapan pada tim SAR untuk melakukan pekerjaannya. Kami sangat percaya pada keterampilan dan profesionalisme mereka” ucap Anthony.

Menteri AS Lloyd Austin dan Anthony Blinken juga memberi ucapan bela sungkawa pada kejadian yang tidak disangka ini.

“Sulit ketika mengalami kecelakaan dalam latihan militer Australia Amerika, namun kami telah berlatih dengan standar keamanan yang tinggi agar kami bisa sukses dan bisa melindungi nyawa ketika kami sedang dipanggil dalam kondisi krisis apapun” pungkas Austin.

Australia Lakukan Perombakan Militer

Australia saat ini memang sedang lakukan perombakan di dunia militernya dengan meningkatkan kemampuan serangan jarak jauh dan memperhatikan potensi musuh. Kecelakaan helikopter militer Australia ini adalah yang kedua di tahun 2023 ini.

Sebelumnya Helikopter MRH-90 Yaipan juga jatuh pada Maret 2023 lalu ke perairan yang setelah diselidiki ternyata karena kerusakan mesin. Pada kecelakaan helikopter jatuh yang sebelumnya tidak separah saat ini. Ada 2 orang awak terluka namun semuanya selamat yang berjumlah 10 orang.

Baca Juga : Diplomat China Ajak Amerika Serikat Perbaiki Hubungan