KPI Beri Surat ke Stasiun TV Usai Ganjar Muncul di Tayangan Adzan RCTI

KPI menunggu klarifikasi dari RCTI terkait kemunculan Ganjar Pranowo dalam tayangan adzan.

KPI Beri Surat ke Stasiun TV Usai Ganjar Muncul di Tayangan Adzan RCTI
KPI Beri Surat ke Stasiun TV Usai Ganjar Muncul di Tayangan Adzan RCTI. Gambar : Tangkapan Layar RCTI+

BaperaNews - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) telah mengirimkan surat kepada stasiun televisi swasta, RCTI, terkait tayangan adzan yang menampilkan Ganjar Pranowo. KPI meminta klarifikasi dari stasiun televisi tersebut mengenai tayangan adzan Ganjar tersebut.

Ganjar Pranowo, bakal calon presiden dari PDIP, sempat muncul di tayangan adzan maghrib di RCTI. Dalam tayangan tersebut, Ganjar tampak mengenakan kemeja putih, peci hitam, dan sarung batik. Dia terlihat mempersilakan jemaah masuk masjid.

Tayangan ini kemudian menjadi sorotan publik, dengan sebagian masyarakat beranggapan bahwa tayangan tersebut memiliki nuansa politik identitas.

@baperanews.com Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) telah mengirimkan surat kepada stasiun televisi swasta, RCTI, terkait tayangan adzan yang menampilkan Ganjar Pranowo. KPI meminta klarifikasi dari stasiun televisi tersebut mengenai tayangan adzan Ganjar tersebut. #ganjarpranowo#kpindonesia#rcti#baperanews ♬ News - AShamaluevMusic

"Kami tengah lakukan kajian terhadap hal tersebut dan kami minta segera klarifikasi Lembaga Penyiaran yang menayangkan," ungkap Komisioner bidang Pengawasan Isi Siaran KPI, Aliyah. KPI saat ini sedang menunggu respons kesediaan waktu klarifikasi dari pihak lembaga penyiaran.

Baca Juga : Jadi Capres, Intip Perjalanan Karir Ganjar Pranowo, Pernah Jadi HRD!

Stasiun televisi RCTI sendiri merupakan bagian dari MNC Group, yang dimiliki oleh Harry Tanoesoedibjo, pemimpin Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Sehubungan dengan kehadiran Ganjar Pranowo di tayangan adzan tersebut, Sekjen Perindo, Ahmad Rofiq menilai bahwa tidak ada yang salah dengan kemunculan tersebut.

"Menyerukan terhadap kebaikan itu bisa dilakukan kepada siapa saja termasuk Mas Ganjar. Jadi tidak ada yang salah dalam tayangan itu," jelas Rofiq.

Sementara itu, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, menegaskan bahwa tidak ada unsur politik identitas dalam tayangan tersebut.

"Sejak dulu, sejak zaman mahasiswa, Pak Ganjar Pranowo ini sosoknya seperti itu. Sosok yang rajin beribadah, sosok yang baik, sosok yang santun, sosok yang merakyat," tambahnya.

Publik pun menantikan klarifikasi dari stasiun televisi RCTI terkait tayangan adzan Ganjar, dan bagaimana langkah KPI selanjutnya dalam mengkaji potensi pelanggaran tersebut.

Baca Juga : Ganjar Pranowo Bakal Jadi Capres PDIP dan PPP di Pemilu 2024