Keributan Dan Kartu Merah Di Laga Final Indonesia Vs Vietnam

Pertandingan Indonesia vs Vietnam yang dari awal berlangsung ketat sejak awal hingga keributan dan kartu merah.

Keributan Dan Kartu Merah Di Laga Final Indonesia Vs Vietnam
Keributan dan kartu merah saat Indonesia vs Vietnam. Gambar : Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko

BaperaNews - Indonesia menjadi Juara Piala AFF U-16 2022. Pertandingan dilaksanakan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta pada Jumat malam (12/8).

Kemenangan ini bukanlah sesuatu yang mudah didapat timnas Indonesia U-16, pertandingan berlangsung ketat sejak awal, hingga terjadi sejumlah keributan.

Keributan terjadi menjelang menit-menit akhir pertandingan, ketika masuk injury time. Bermula dari pemain Indonesia yang mendapat perlakuan kurang menyenangkan dari Vietnam. Pemain Indonesia didorong hingga terjatuh karena dianggap mengulur-ulur waktu.

Tak terima salah satu pemain Indonesia diganggu, pemain lain pun mendekat dan menolong, keduanya berkerumun dan hampir saling dorong di wilayah pertahanan timnas Indonesia.

Untungnya, wasit dengan cepat mendamaikan keduanya dan pertandingan kembali dilanjutkan.

Keributan berakhir dengan Riski Afrisal mendapat kartu merah, sebelumnya pelatih Vietnam U-16 Nguyen Quoc Tuan juga mendapat kartu merah dari wasit asal Laos Xaypaseth Phonhgsanit. Nguyen Quoc terlalu banyak protes.

Timnas Indonesia unggul dalam permainan sejak babak pertama, di menit-menit babak pertama, tendangan spektakuler Kafiatur Rizky berhasil membobol gawang Vietnam, membuat timnas Indonesia U-16 unggul 1-0.

Baca Juga : Ketua PSSI Ingin Angkat Anak, Kapten Timnas Indonesia U-16 Dipilih!

Meski unggul, Timnas Indonesia U-16 masih tetap bermain impresif. Tim Vietnam juga bermain lebih agresif pada babak kedua. Di babak kedua, tidak sedikit pelanggaran dilakukan pemain Vietnam yang bahkan berakhir dengan kartu kuning, ini seolah jadi cara Vietnam untuk bisa membuat gol.

Namun tidak ada gol tambahan hingga laga berakhir, sejumlah penyerang Vietnam berusaha membobol gawang Indonesia dan tidak berbuah hasil.

Kiper Indonesia Andrika Fathir dan pemain Indonesia lainnya berhasil menjaga pertahanan dan bekerjasama dengan sangat baik.

Indonesia pun secara membanggakan menjadi Juara Piala AFF U-16 2022.

Berakhir damai

Nguyen Quoc tak bisa sembunyikan rasa kecewanya usai Vietnam kalah 0-1 dari Indonesia di final Piala AFF U-16 2022.

Pelatih Vietnam, Nguyen Quoc yang sempat mendapat kartu merah karena terlalu banyak protes tersebut akhirnya mereda rasa marahnya usai mendapat penghormatan dari para pemain timnas Indonesia U-16. Ia menyebut apa yang dilakukan Iqbal Gwijangge dkk membuat rasa kecewanya mereda.

“Tadi itu gerak tubuh dari timnas Indonesia U-16 sangat bagus, entah bagaimana itu mampu meredakan kekecewaan kami atas kekalahan malam ini” ujarnya.

Kedua tim baik pemain, pelatih, hingga segenap kru dan official pun saling bersalaman ketika moment pengumuman juara dan penyerahan medali.

Selamat untuk Timnas Indonesia U-16, Semoga bisa terus belajar dan berprestasi di kancah internasional.

Selamat juga untuk Vietnam dan Thailand yang telah berhasil mendapat juara kedua dan ketiga Piala AFF U-16 2022.

Baca Juga : Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022 Usai Keributan Antar Pemain