KemenPANRB Siapkan 16 Ribu ASN di IKN

Kementerian PAN-RB menyiapkan 16.000 ASN untuk ditempatkan di IKN Ibu Kota Nusantara Kalimantan, sebagai bagian dari rencana pemindahan ibu kota negara.

KemenPANRB Siapkan 16 Ribu ASN di IKN
KemenPANRB Siapkan 16 Ribu ASN di IKN. Gambar : Kompas/Dok. Wisang Seto Pangaribowo

BaperaNews - Kementerian PAN-RB (Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) menyiapkan 16.000 ASN (Aparatur Sipil Negara) untuk ditempat di IKN Ibu Kota Nusantara Kalimantan.

“Sudah dipastikan di rapat terbatas ada total 16.000 ASN untuk IKN ibu kota Nusantara dan sisanya TNI Polri” kata MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas di Jakarta hari Kamis (3/8).

Khusus untuk IKN ibu kota Nusantara, Presiden Jokowi sebelumnya telah memberi arahan agar disiapkan ASN secara khusus termasuk dilakukan penilaian berapa yang akan pindah dan siapa saja.

Tenaga ASN yang diperlukan di IKN Nusantara ialah tenaga Eselon II yang bekerja di bidang percepatan yang telah diantisipasi di RUU ASN dimana penilaian dilakukan oleh Kementerian PAN-RB bersama BKN (Badan Kepegawaian Nasional).

“Pada revisi UU ASN yang dibuka, kemungkinan untuk Eselon II diisi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) tapi masih terbatas untuk IKN Nusantara dan pemerintah pusat. Persiapannya saat ini sudah 90%” imbuhnya.

Sebelumnya Kementerian PAN-RB menyebut kebutuhan ASN untuk tahun 2023 ini adalah 572.496 formasi untuk memenuhi kebutuhan 72 instansi pemerintah pusat dan daerah. 

Baca Juga : Menteri Investasi Ditegur DPR Gegara Tiang Bendera di IKN Pendek

“Pemerintah menetapkan ada 572.496 formasi ASN untuk kebutuhan 1.030.751 formasi kebutuhan ASN di tahun 2023 dengan rincian 78.862 ASN pusat yakni 28.903 CPNS dan 49.959 PPPK. Selanjutnya untuk Pemda sebanyak 493.634 ASN yang terdiri dari 296.084 PPPK Guru, 154.724 PPPK Tenaga Kesehatan, dan 42.826 PPPK Tenaga Teknis” pungkas Azwar.

IKN Nusantara akan resmi menjadi ibu kota negara baru Indonesia mulai tahun 2024 mendatang. IKN Nusantara saat ini masih terus dibangun.

Targetnya, kantor pusat pemerintahan IKN Nusantara dan segala infrastruktur dasarnya sudah jadi dan sudah bisa ditempati untuk HUT RI 17 Agustus 2024 mendatang sehingga diperlukan pula banyak ASN untuk penempatan disana, untuk memajukan dan melancarkan segala proses pemerintahan yang ada.

Diharapkan dengan kepindahan ibu kota Jakarta ke IKN Nusantara bisa lebih meratakan pembangunan di Indonesia. Agar tidak hanya pulau Jawa yang jadi pusat pertumbuhan maupun pekerjaan namun juga di daerah Indonesia lainnya di luar pulau Jawa.

Tertarik menjadi ASN di IKN Nusantara? Tunggu informasi detail formasi pada lowongan ASN ya!

Baca Juga : DPR Sudah Setuju, Anggaran IKN Bakal Naik Rp 15 Triliun