Kasus COVID-19 di Indonesia Meningkat, Fahd A Rafiq: Masyarakat Diminta Waspada

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd A Rafiq menghimbau kepada masyarakat Indonesia agar tetap waspada dengan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. Simak selengkapnya!

Kasus COVID-19 di Indonesia Meningkat, Fahd A Rafiq: Masyarakat Diminta Waspada
Kasus COVID-19 di Indonesia Meningkat, Fahd A Rafiq: Masyarakat Diminta Waspada. Gambar: Fahd A Rafiq. Doc: Istimewa

Bapera News - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan bahwa kasus COVID-19 di Indonesia menunjukkan peningkatan tren sejak pekan ke-41 atau periode 8-14 Oktober 2023. Kenaikan tren kasus ini didominasi oleh subvarian EG.5, yang merupakan turunan dari varian omicron.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyatakan pada saat masa liburan nanti kita harus lebih menjaga diri saat di area wisata dan juga tempat lainnya, diusahakan menggunakan masker juga.

“Meskipun pasti akan ramai saat liburan nanti, kami harus lebih ketat lagi dalam menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan physical distancing di area wisata atau manapun.” Ujar Fahd A Rafiq, Kamis (14/12).
Meskipun tidak diikuti dengan peningkatan rawat inap dan kematian, Kemenkes tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini dikarenakan adanya potensi lonjakan kasus COVID-19 saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Baca Juga : Evaluasi Portal Pelayanan Publik untuk Peningkatan Layanan Tematik Transportasi, Fahd A Rafiq: Kualitas Pelayanan Publik Akan Menanjak Di Masa Mendatang

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19, Kemenkes telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Lonjakan Kasus COVID-19. SE tersebut ditujukan kepada kepala dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota, kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), kepala Laboratorium Kesehatan Masyarakat, direktur rumah sakit, kepala Puskesmas dan fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) di seluruh Indonesia.

Dalam SE tersebut, Kemenkes meminta agar pemerintah daerah, fasilitas pelayanan kesehatan, laboratorium kesehatan masyarakat, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan para pemangku kepentingan terkait meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi lonjakan kasus COVID-19.

“Banyak hal yang bisa kita lakukan saat ini, karena sudah terbiasa pakai masker bisa dipakai kembali maskernya untuk meminimalisir terjadinya pelonjakan yang semakin tinggi.” Ujar Fahd A Rafiq, Kamis (14/12).

Kemenkes juga mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, meskipun kasus COVID-19 di Indonesia masih terkendali. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus dan melindungi diri dari penularan COVID-19.

Baca Juga : Fahd A Rafiq Mendukung Program Sekolah Adiwiyata Membentuk Generasi Muda Agar Tangguh Hadapi Perubahan Iklim

Penulis : Ahmad G