Bicara Tentang Produktif, Fahd A Rafiq Memberikan 5 Hal Rutinitas Pagi Bagi Pengusaha

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd A Rafiq memberikan 5 hal rutinitas di pagi hari untuk para pengusaha supaya bisa tetap produktif.

Bicara Tentang Produktif, Fahd A Rafiq Memberikan 5 Hal Rutinitas Pagi Bagi Pengusaha
Fahd A Rafiq. Doc: Istimewa

BaperaNews - Awal pagi hari memiliki peran yang sangat penting terhadap apa yang akan kamu kerjakan dalam satu hari penuh.

“Apa yang kamu lakukan di pagi hari dapat menentukan suasana hati dan kebiasaan yang kamu lakukan juga dapat berpengaruh pada kualitas hidupmu. Bahwa sebagai pengusaha atau pelaku bisnis, diperlukan konsistensi untuk mencapai sebuah kesuksesan. Konsistensi ini berlaku pada kebiasaan-kebiasaan lain yang kamu lakukan sehari-harinya, termasuk rutinitas di pagi hari.” Tutur Mantan Ketua KNPI tersebut.

Dengan memiliki rutinitas pagi yang efektif untuk dilakukan, dapat lebih siap dan enjoy melakukan pekerjaan-pekerjaan terkait bisnis yang kamu jalani seharian penuh.

“Rutinitas pada pagi hari yang efektif juga dapat mendorong kamu untuk meraih kesuksesan bisnis, memang tidak ada rutinitas pagi yang sempurna 100% bagi tiap orang. Kita perlu menyesuaikannya dengan diri sendiri dan tidak menirunya secara mentah-mentah.” Ucap Fahd A Rafiq.  

Ini merupakan 5 hal beberapa rutinitas pagi yang dapat mendorong dirimu menjadi lebih produktif sebagai pengusaha, dan menjadikan hal positif lagi untuk kedepannya.

  1. Bangun tidur lah lebih awal, akan lebih bagus lagi jika kamu bangun lebih awal dari jam yang telah ditetapkan. Jika kamu memiliki jadwal untuk bangun jam 7 pagi, cobalah untuk bangun 30 menit bahkan 1 jam sebelumnya. Adanya waktu luang tersebut, dapat kamu gunakan untuk lebih mempersiapkan diri agar benar-benar bangun dan siap beraktivitas di jam 6 pagi. Kamu bisa memanfaatkan jarak waktu untuk bersantai dengan mendengarkan musik sebentar.
  2. Makan atau minum sesuatu yang ringan jangan lupa bahwa memulai kegiatan memerlukan tenaga. Tidak harus langsung menyantap makanan atau minuman tertentu ketika bangun tidur. Kamu dapat menyiapkannya terlebih dulu atau bahkan melakukan hal sederhana lainnya baru setelah itu menyantap sarapan.
  3. Lakukan hal kecil terlebih dulu memulai hari dengan melakukan sesuatu yang lebih kecil dapat membuatmu lebih bersemangat dan tidak terbebani dalam menjalani hari. Cobalah hal-hal kecil untuk dibiasakan sebagai rutinitas pagi, seperti merapikan kasur, latihan mengolah nafas, olahraga ringan atau mandi jam 7 pagi setiap harinya. Kamu juga dapat melakukan hal-hal lainnya seperti mengecek ponsel atau email, untuk melihat apakah ada suatu hal penting yang harus segera dikerjakan nantinya. Setiap perubahan yang dimulai dengan hal kecil, tetapi dilakukan setiap hari, akan membuatmu lebih mudah untuk konsisten. Dari perubahan-perubahan kecil inilah kemudian kamu dapat konsisten pula terhadap hal-hal yang lebih besar lainnya.
  4. Setelah memulai hari dengan kegiatan yang ringan-ringan, jangan lupa untuk membuat skala prioritas apa yang harus kamu kerjakan dan selesaikan hari itu juga. Dengan membuat skala prioritas,  dapat lebih terbantu dalam mengatur waktu yang kamu punya untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan, sehingga kamu bisa menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan sesuai dengan deadline yang telah ditetapkan.
  5. Sebelum tidur alangkah baiknya mempersiapkan untuk kegiatan hari besok, kamu juga dapat menyiapkan kegiatan dengan dimulai pada malam sebelumnya. Sebagai contoh, kamu memiliki rutinitas untuk melakukan olahraga pagi selama beberapa menit, maka kamu dapat menyiapkan baju olahragamu di tempat yang langsung terlihat saat kamu bangun tidur. Hal tersebut akan mendorong kamu untuk segera bangun dan tidak bermalas-malasan untuk melakukan rutinitas pagi hari. Ingat bahwa kamu hanya perlu memulai sesuatu secara mudah dan ringan untuk mempertahankan konsistensi.

Penulis: Fachrul Nopendra Issalas Dewa