Jokowi Bertemu Dengan Xi Jinping, Fahd A Rafiq: Perkuat Kerja Sama dan Investasi

Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden China Xi Jinping membahas beberapa kerja sama negara antara lain meliputi penguatan perdagangan, investasi, hingga kerja sama di bidang kesehatan.

Jokowi Bertemu Dengan Xi Jinping, Fahd  A Rafiq: Perkuat Kerja Sama dan Investasi
Fahd A Rafiq. Gambar : Istimewa

Bapera News - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral bersama Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping yang diselenggarakan di Hotel Jinniu, Chengdu, Kamis (27/07/2023).

Pertemuan itu sebagai rangkaian perjalanan Presiden Jokowi ke China yang akan berlangsung pada 27-28 Juli 2023. 

Dalam pernyataan resmi yang ditayangkan akun Youtube Sekretariat Presiden,  Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan, perjalanan Presiden Jokowi ke China adalah atas undangan Presiden Xi Jinping dan kunjungan itu bertepatan dengan 10 tahun kemitraan strategis komprehensif Indonesia-China. 

Dalam pertemuan tersebut Presiden Jokowi dan Presiden China Xi Jinping membahas beberapa kerja sama negara antara lain meliputi penguatan perdagangan, investasi, kerja sama di bidang kesehatan, kerja sama pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), hingga kerja sama riset serta teknologi.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyampaikan tanggapan, dalam kunjungan Presiden Jokowi ke China, dirinya mengharapkan pertemuan tersebut mendapatkan sisi positif untuk Indonesia kedepannya, terutama pembahasan meliputi penguatan perdagangan, investasi, kerja sama dibidang kesehatan, kerja sama pembangunan Ibu Kota Nusantara, dan teknologi.

“Presiden Jokowi telah tiba di China setelah menerima undangan dari Presiden Xi Jinping, dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi dan Presiden China Xi Jinping membahas beberapa kerja sama negara yang meliputi penguatan perdagangan, inventasi, kerja sama bidang kesehatan, kerja sama pembangunan Ibu Kota Nusantara, dan teknologi, kita harapkan pertemuan tersebut mendapatkan hasil positif untuk Bangsa Indonesia untuk kedepannya.” Ujar Fahd El Fouz A Rafiq.

Terkait kerja sama di bidang kesehatan, Presiden Jokowi menyambut baik finalisasi rencana aksi implementasi kerja sama kesehatan antara Indonesia dan Tiongkok.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi dan Presiden Xi Jinping juga membahas beberapa isu kawasan meliputi kerja sama ASEAN-RRT hingga dukungan RRT terhadap sentralitas ASEAN untuk mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai dan sejahtera

Penulis : FNID