Jokowi Sambut Kepala Negara Dan Para Tamu Undangan KTT G20 Bali

KTT G20 Bali dimulai pada hari ini Selasa (15/11). Presiden Jokowi menyambut para Kepala Negara Anggota G20 dan para tamu undangan yang hadir di KTT G20.

Jokowi Sambut Kepala Negara Dan Para Tamu Undangan KTT G20 Bali
Jokowi sambut Kepala Negara dan para tamu undangan KTT G20 di Bali. Gambar : Tangkapan Layar YouTube/Kemkominfo TV

BaperaNews - KTT G20 Bali dimulai pada hari ini Selasa (15/11) pagi hari. Presiden RI Jokowi mulai menyambut kedatangan para pemimpin Negara dan tamu lainnya di Nusa Dua, Bali.

Jokowi terlihat menyambut sendiri sejumlah tamu undangan, diantaranya Direktur WTO (Organisasi Perdagangan Dunia) Ngozi Okonjo, Direktur Jenderal WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) Tedros Adhanom, hingga PM Singapura Lee Hsien Loong di gerbang tempat berlangsungnya acara yakni The Apurva Kempinski, Nusa Dua.

Baca Juga : 17 Kepala Negara Anggota G20 Akan Hadir Di KTT G20 Bali, Berikut Daftarnya!

Terlihat pula PM Belanda Mark Rutte hadir. Hingga pukul 09.00 WITA, tamu lain yang juga telah hadir dan disambut langsung oleh Jokowi ialah :

  • Presiden Komisi Uni Eropa Ursula Von der Leyen
  • PM Inggris Rishi Sunak
  • PM Kanada Justin Trudeau
  • PM Jepang Fumio Kishida
  • PM Australia Anthony Albanese
  • Kanselir Jerman Olaf Scholz
  • Jenderal PBB Antonio Guterres
  • Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan
  • Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa

Sesekali Jokowi melayani pertanyaan para wartawan, berbincang sedikit sambil menunggu tamu-tamu lain yang datang beriringan. Total akan ada 17 kepala Negara anggota G20 yang hadir dalam KTT G20 Bali, belum termasuk para pimpinan organisasi dunia dan kepala Negara tamu (non anggota G20).

Kepala Negara anggota G20 yang tidak bisa hadir ada 3 yakni Rusia, Meksiko, dan Brasil. Namun ketiganya diwakili oleh pejabat pemerintah yang ditunjuk. Misalnya Rusia diwakili oleh Menlu Sergey. Sedangkan kepala Negara undangan yang tidak bisa hadir ialah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky karena masih fokus mengurus perang di negaranya.

Presiden Rusia Vladimir Putin diduga tidak hadir karena masalah perangnya dengan Ukraina, pejabat Rusia menyebut Putin beresiko dibunuh oleh kelompok bersenjata Amerika Serikat, Inggris, dan Ukraina jika hadir ke Indonesia meski hal tersebut hingga kini belum mendapat konfirmasi dari ketiga Negara yang dimaksud.

Sedangkan Presiden Meksiko Andreas Manuel tidak bisa hadir karena Andreas selama ini memang tidak pernah keluar dari negaranya. Sementara Presiden Brasil Bolsonaro tidak bisa hadir karena saat ini di negaranya sedang masa transisi setelah Pemilu.

Namun, ketiga kepala Negara anggota G20 yang tidak bisa hadir tersebut disebut akan tetap hadir secara virtual, termasuk Presiden Ukraina Zelensky. Rusia sendiri enggan membahas masalahnya dengan Ukraina sebab KTT G20 ialah forum ekonomi, bukan politik.

Baca Juga : Serba Serbi KTT G20: Jadwal, Tema, Daftar Anggota Hingga Rundown Acara