Jokowi Perkenalkan Prabowo dan Erick Thohir Sebagai Capres 2024 di Acara Hipmi

Presiden Jokowi memperkenalkan Prabowo Subianto dan Erick Thohir sebagai Capres dan Cawapres 2024 ketika memberi sambutan di acara Hipmi.

Jokowi Perkenalkan Prabowo dan Erick Thohir Sebagai Capres 2024 di Acara Hipmi
Jokowi Perkenalkan Prabowo dan Erick Thohir Jadi Capres dan Cawapres 2024. Gambar : Kompas.com/Dok. Ardito Ramadhan

BaperaNews - Presiden Jokowi memperkenalkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon Presiden 2024 dan calon wakil Presiden 2024 ketika memberi sambutan di acara pelantikan pengurus HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) baru di Jakarta.

Pernyataan Jokowi dinilai sebagai sebuah dukungan kepada Prabowo dan Erick Thohir untuk jadi Capres 2024 dan Cawapres 2024 mendatang.

“Biasanya kalau saya datang ke forum, yang pertama kali dilakukan itu absen para calon presiden dan wakil presiden. Oleh sebab itu untuk hari ini karena forumnya ekonomi, sata tidak ingin mengabsen, meski di hari ini juga saya tahu Pak Prabowo hadir” tutur Jokowi di acara yang digelar di Hotel Kempinski Jakarta pada Senin (20/2).

Jokowi kemudian perkenalkan dua menteri lainnya sebagai calon wakil Presiden 2024 yakni Menteri BUMN Erick Thohir dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Ada juga Pak Erick, Pak Airlangga. Tapi saya ini ga ngabsen” lanjutnya yang disambut tawa riuh dari para peserta pengusaha yang hadir.

Baca Juga : Resmi! Berikut Daftar Nomor Urut Peserta Pemilu 2024

Jokowi sebelumnya telah berulang kali menyebut nama para tokoh populer sebagai calon Presiden 2024. Misalnya di acara HUT PPP ke-50 di Tangerang minggu lalu, ia menyebut ada beberapa Capres 2024 dan Cawapres 2024 yang hadir yang merupakan para Menteri di Kabinet Indonesia Maju.

“Yang saya kenal ada Pak Prabowo, ada Pak Erick, ada juga Pak Sandiaga Uno, Pak Mahfud MD” ucap Jokowi Jumat (17/2) lalu. “Oh ya saya lupa ada juga Mas Agus Harimurti Yudhoyono” pungkas Jokowi kala itu.

Gelagat Jokowi seakan bergeser tentang calon Presiden 2024 dan calon wakil Presiden 2024, sebelumnya hanya rajin melempar sinyal kepada satu dua nama, kini sampaikan banyak kode nama. Dulunya, Jokowi memberi nama sinyal Capres 2024 ialah Prabowo dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Dua nama tersebut sejak lama digadang-gadang sebagai Capres 2024 sebab nama keduanya duduk di puncak survei elektabilitas calon RI di berbagai data lembaga survei, Jokowi sebelumnya juga mengaku senang saja jika memberi dukungan kepada Prabowo maupun Ganjar.

“Istilahnya saya kira menyampaikan kepada saya masa saya bilang tidak atau jangan, kan tidak begitu, ya silahkan. Sejak awal saya mendukung beliau (Prabowo)” tutur Jokowi di Istana Negara Jumat 12 Agustus 2022 lalu dan ketika di JiExpo Kemayoran Jakarta pada Rabu 2 November 2022.

Baca Juga : Erick Thohir Resmi Jadi Ketua Umum PSSI