Jemaah Haji Khusus Tidur Berdesakan di Tenda Maktab

Heboh foto para jemaah haji Khusus yang tidur berdesakan di tenda maktab haji khusus di Mina, Arab Saudi. Simak selengkapnya!

Jemaah Haji Khusus Tidur Berdesakan di Tenda Maktab
Jemaah Haji Khusus Tidur Berdesakan di Tenda Maktab. Gambar : JawaPos/Dok. Hilmi Setiawan

BaperaNewsHeboh foto para jemaah haji khusus yang tidur berdesakan di tenda maktab haji khusus di Mina, Arab Saudi. Jemaah haji tidur berdesakan dengan Jemaah lain dan barang bawaan, kondisi terjadi baik di tenda jemaah haji laki-laki maupun wanita.

Foto jemaah haji tidur berdesakan juga menunjukkan satu alas tidur dipakai oleh 2 orang jemaah. Bahkan nampak ada jemaah harus tidur di luar tenda karena tenda penuh, beberapa diantaranya lansia. Juga sejumlah koper jemaah tidak muat masuk ke tenda, sehingga diletakkan di luar tenda begitu saja.

Kondisi jemaah haji tidur berdesakan ini pun viral di media sosial mengingat jemaah haji khusus biasanya mendapat pelayanan lebih maksimal karena membayar biaya jauh lebih mahal.

Baca Juga : Konsumsi Makan Distop, Jemaah Haji Cari Panci di Makkah

Sebelumnya juga dikabarkan WC di tenda jemaah haji khusus di Mina mampet berjam-jam, membuat kotoran meluber sampai ke tenda jemaah dan membuat jemaah sangat tidak nyaman. Para jemaah terpaksa menahan diri ketika ingin buang air kecil dan buang air besar.

“Ini sudah 4 kali, WCnya mampet, dari tadi malam saya harus menahan buang air besar” kata salah satu jemaah.

Salah satu toilet dengan 8 WC mampet sejak hari Rabu (28/9). Hal ini sudah dilaporkan ke pihak terkait, namun belum ada perbaikan hingga Kamis pagi (29/6). Barulah pada Kamis siang pukul 14.00 waktu setempat ada petugas datang menyedot kotoran di WC yang mampet.

Tahun 2023 ini jemaah yang diterima hadir di Arab Saudi baik dari Indonesia maupun negara lain memang bertambah dari tahun sebelumnya karena kondisi pandemi covid-19 dirasa telah membaik sehingga ibadah haji dibuka dengan kuota lebih besar.

Hal ini diduga jadi salah satu sebab tidak maksimalnya layanan, petugas baik dari negara masing-masing maupun dari pihak otoritas Arab Saudi harus melayani jemaah yang jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan tahun 2022 lalu.

Haji khusus sendiri ialah haji yang punya keunggulan dibanding haji reguler yakni diselenggarakan oleh pihak swasta, waktu tunggu singkat, fasilitas lebih banyak, waktu perjalanan dan masa tinggal lebih singkat, jarak hotel lebih dekat dari Masjidil Haram, hingga pembimbing yang lebih intensif. Haji khusus juga dikenai biaya lebih mahal dibanding haji reguler yakni sekitar Rp 130 juta per orangnya.

Baca Juga : 60 Jemaah Haji Indonesia Wafat di Arab Saudi, Ini Daftarnya!