Uji Coba TransJakarta Soetta Bakal Dilakukan 4 Juli 2023

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengadakan uji coba Transjakarta Soetta dengan rute baru Jakarta-Bandara Soekarno Hatta pada 4 Juli mendatang. Simak selengkapnya!

Uji Coba TransJakarta Soetta Bakal Dilakukan 4 Juli 2023
Uji Coba TransJakarta Soetta Bakal Dilakukan 4 Juli 2023. Gambar : Kompas.com/Dok. Joy Andre T

BaperaNewsPemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyiapkan 4-5 armada bus TransJakarta Soetta untuk uji coba rute baru TransJ Jakarta-Bandara Soekarno Hatta.

Uji coba mulai dilaksanakan pada 4 Juli 2023. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut armada TransJ disiapkan dengan tarif gratis.

“Ada 4-5 armada, tarifnya masih gratis karena masih uji coba TransJakarta Soetta” kata Syafrin hari Kamis (29/6).

Uji coba TransJakarta Soetta dimulai dari Kalideres ke Bandara Soetta dengan 2 layanan jam operasional yakni di pagi dan sore hari.

“Ada 2 waktu layanan yaitu layanan pagi jam 06.00-09.00 WIB dan sore jam 18.00-21.00 WIB” lanjutnya.

Baca Juga : uji coba transjakarta soetta

Perjalanan bus TransJakarta Soetta dari Kalideres ke Bandara Soetta diperkirakan memakan waktu 45 menit, sehingga total perjalanan pulang pergi selama 90 menit.

Dengan adanya uji coba tersebut, diharapkan pemerintah bisa mendapat gambaran tentang karakteristik penumpang dan operasional untuk acuan penetapan tarifnya secara resmi di masa mendatang ketika diluncurkan berbayar.

“Persiapan uji coba TransJakarta Soetta sudah siap, nanti penumpang turun di 2 titik, di Kantor KP2 dan di Terminal Kargo” pungkas Syafrin.

TransJakarta Soetta Melayani Karyawan Bandara dan Masyarakat Umum

TransJ rute baru Jakarta-Bandara Soetta ini rencananya dibuka untuk karyawan Bandara Soetta maupun masyarakat umum yang hendak ke Bandara Soetta atau bepergian dengan rute Bandara tersebut. Siapapun boleh naik.

“TransJ itu melayani publik, kalau bicara kawasan Bandara kan bukan residential, bukan orang tinggal disitu tapi menjadi kawasan pusat, jadi prinsipnya siapapun boleh naik” sambung Dirut TransJ Welfizon Yuza.

Saat ini terdapat sekitar 5.000 pekerja di Bandara Soetta, diharapkan adanya layanan rute baru TransJ dari Jakarta ke Bandara Soetta ini bisa mempermudah para pekerja maupun masyarakat yang hendak ke Bandara Soetta dan sekitarnya.

“Jadi bisa dibayangkan, ada yang dorong troli, ada yang bantuin, tidak semuanya pekerja kantor, hal ini juga yang jadi bagian dari masyarakat, semua berhak mendapat transportasi publik” tutup Yuza.

Uji coba dilaksanakan mulai 4 Juli 2023, biaya masih nol Rupiah alias gratis. Jika telah resmi diluncurkan nantinya, akan beroperasi dengan biaya khusus dan memiliki jam operasional full layaknya bus TransJ lainnya di Jakarta.

Baca Juga : Aturan Baru Perjalanan Naik KRL, MRT, Transjakarta, Hingga Pesawat