Ikut Wamil, Menhan Korsel Pastikan BTS Masih Bisa Tampil Di Panggung

Boyband terkenal dari Korea Selatan, BTS dikabarkan akan menjalani Wajib Militer (Wamil) selama 18 bulan. Meskipun jalani Wamil, Menhan Korsel pastikan BTS tetap bisa tampil di panggung.

Ikut Wamil, Menhan Korsel Pastikan BTS Masih Bisa Tampil Di Panggung
Menhan Korea Selatan pastikan BTS masih bisa tampil di panggung saat akan menjalani Wajib Militer. Gambar : REUTERS/Kim Hong-Ji

BaperaNews - Boyband terkenal dari Korea Selatan, BTS (Bangtan Boys) dikabarkan akan tetap menjalani wajib militernya. Wajib militer (Wamil) sendiri ialah kewajiban seluruh lelaki di Korsel yang sudah mencapai usia tertentu untuk memberi pelayanan masyarakat dan latihan kemandirian.

Wajib militer (Wamil) suatu hal yang wajib dilakukan kepada semua warga lelaki apapun status sosial maupun jabatannya.

Namun, adanya wajib militer (Wamil) untuk BTS ini membuat penggemar khawatir, tidak bisa melihat mereka tampil di panggung dalam waktu lama mengingat wajib militer (Wamil) dilaksanakan selama 18 bulan. Menteri Pertahanan Korsel, Moon Hong Sik kemudian memberi pernyataan yang membuat fans lebih tenang.

Dikabarkan, BTS tetap boleh tampil di acara negara meski sedang wamil. “Posisi kami ialah menyediakan kesempatan ketika mereka ingin berpartisipasi di tingkat nasional atau acara untuk kepentingan negara” ujarnya pada Selasa (18/10).

Manajemen BTS, Big Hit, baru saja mengumumkan anggota BTS akan wamil, dimulai dari anggota tertua, Jin. “Halo Big Hit, kami ingin informasikan kepada kalian bahwa BTS telah bersiap untuk memenuhi kewajiban dinas militer mereka” tulisnya.

Baca Juga : Disney+ Kolaborasi Dengan BTS, Ciptakan Tiga Konten Eksklusif

Big Hit kemudian menyampaikan, untuk sementara, anggota lain masih beraktifitas seperti biasa, namun semuanya tetap akan wamil berurutan sesuai dengan usianya. Anggota BTS juga tetap diizinkan tampil di luar negeri meski wamil.

Sebagai informasi, semua lelaki di Korea Selatan yang berumur 18 – 28 tahun wajib wamil selama 18 bulan. BTS sebelumnya menjadi sorotan karena pemerintah Korea Selatan sebelumnya berencana menghapus kewajiban wamil mereka.

Mereka dinilai sebagai aset negara yang selama ini punya prestasi terbesar, sehingga diberi keistimewaan untuk tidak wamil. Namun pada akhirnya, BTS maupun pemerintah Korea Selatan memutuskan BTS tetap wamil mengingat hal itu adalah kewajiban sebagai warga negara.

Jin BTS sendiri mulai wamil di tahun 2022 ini, namun untuk jadwal dan tempat wamil dirahasiakan. “Kami sebagai Big Hit mendukung dan mendorong artis kami, kami bangga mereka punya waktu untuk mengeksplorasi minat unik mereka dan tetap bisa melakukan tugas mereka melayani negara yang mereka sebut rumah”

“Masih banyak lagi yang datang di tahun-tahun mendatang. Baik perusahaan maupun anggota Big hit menanti untuk bisa tampil lagi sebagai grup sekitar tahun 2025 nanti” tutup Big Hit.

Baca Juga : Raditya Dika Gelar Tur Cerita Cintaku 2022: Jadwal dan Cara Beli Tiket