Ridwan Kamil Minta Saran Warga Untuk Beri Nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta saran kepada warga Jabar untuk memberikan nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Ridwan Kamil Minta Saran Warga Untuk Beri Nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Ridwan Kamil minta saran warga untuk beri nama kereta cepat Jakarta-Bandung. Gambar : ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

BaperaNews - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada Kamis (13/10). Sebelumnya Presiden Jokowi menyampaikan progress pembangunannya sudah 88,8%, sudah hampir selesai, kini pemerintah butuh nama untuk KCJB tersebut.

Jokowi meminta masukan kepada masyarakat Jabar untuk memberi nama. “Jadi Pak Presiden ke saya, Pak Gubernur, minta masukan dari warga Jabar namanya apa, bulan depan sudah dites satu rangkaian” ujar Ridwan Kamil pada Minggu (16/10).

Ridwan Kamil kemudian meminta masukan dari masyarakat tentang nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) melalui akun Instagramnya, sejumlah usulan nama yang didapatkan diantaranya “Jamparing” dari bahasa Sunda yang artinya melesat atau super cepat.

“Banyak nama yang bagus, salah satunya Jamparing, ini panah karena melesat dan namanya Sunda banget walaupun nggak ada singkatannya” imbuhnya.

Nama yang terpilih akan diserahkan kepada Jokowi. Kereta cepat ini sendiri ialah yang pertama di Asia Tenggara yang ditargetkan selesai pada Juni 2023 dan pada November 2022 nanti akan dilakukan tes satu gerbongnya.

Baca Juga : Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Beroperasi Juni 2023 Mendatang!

“Nama KCJB? Sudah hadir rangkaian gerbongnya, akan dilakukan uji coba bulan depan saat G20, tadi pagi bersama Pak Presiden Jokowi dan para Menteri datang meninjau ke Stasiun Tegal Luar. Namanya kira-kira apa? Karena sesuai arahan Pak Presiden, kereta ini akan diberi nama khusus. Hadiah 10 topi RK bagi yang bisa memberi nama keren, asosiasinya cepat, ngebut, atau kilat” tulis Ridwan Kamil di Instagramnya.

Untuk bisa mendapatkan nama terbaik, Ridwan Kamil kini membuat sayembara dan meminta media untuk memfasilitasinya.

“Sama media diramaikan biar ada interaksi” pungkasnya.

Hingga berita ini disampaikan, sudah ada sejumlah nama unik yang diusulkan warganet melalui Instagram Ridwan Kamil, diantaranya ialah Kababayan, Kacida, Gancang, All Start, Jagat Gandhewa, Kaciwit, dan lainnya.

Ada ide? Jika Anda juga punya ide bagus untuk nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) jangan ragu untuk menyampaikannya, tulis di kolom komentar Instagram Ridwan Kamil, boleh juga dijelaskan dengan maknanya. Intinya ialah nama yang berhubungan dengan kata cepat, kilat, atau ngebut.

Jika terpilih, akan diabadikan sebagai nama dari Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), tentu membanggakan bukan? Bisa turut menyumbang ide untuk proyek besar Indonesia. Selamat mencoba.

Baca Juga : Aturan Barang Bawaan Penumpang Kereta Api, Simak Biaya Tambahannya!