Hujan Deras Dan Banjir Di Uni Emirat Arab Membuat 7 Orang Tewas

Hujan deras hingga banjir bandang yang terjadi di Uni Emirat Arab membuat 7 orang tewas. Diketahui, tujuh orang yang ditemukan tewas merupakan warga Asia.

Hujan Deras Dan Banjir Di Uni Emirat Arab Membuat 7 Orang Tewas
Hujan deras hingga banjir bandang yang terjadi di Uni Emirat Arab membuat 7 orang tewas. Gambar : Twitter/Kalbaea

BaperaNews - Tujuh orang tewas akibat hujan deras yang aneh dan tidak sesuai musimnya di Uni Emirat Arab dimana Negara tersebut di masa ini biasanya mengalami musim panas dan kondisi lingkungan yang kering. Namun justru turun hujan deras hingga menyebabkan banjir bandang di sebuah distrik timur.

“Dengan menyesal kami umumkan tujuh orang berkebangsaan Asia ditemukan tewas karena banjir” ujar Kepala Operasi Pusat Kementrian Dalam Negeri Ali Al Tunaji hari Sabtu 30/7. Tak lama berselang, Ali Al Tunaji mengumumkan kematian ketujuh yakni seorang migran Asia.

Layanan darurat setempat juga menyatakan mereka menerima ratusan panggilan darurat tentang bantuan selama dua hari terakhir atau ketika banjir mulai menggenang di jalan-jalan kota Fujairah dan distrik timur lainnya.

Ketika hujan deras terjadi, suhu di Uni Emirat Arab mencapai 40 derajat celcius pada Juli 2022, kemungkinan itulah yang menjadi masalah. Sebab, hujan deras yang turun di sebuah tempat di bumi yang panas atau terbakar matahari, disitulah banjir bandang mengintai.

Banjir bandang di kawasan tersebut membuat lalu lintas terhambat dan macet total, sejumlah ruas tergenang air dan membuat jalan-jalan ditutup, orang-orang juga terpaksa meninggalkan rumah mereka yang rusak akibat dampak banjir.

Baca Juga : Khawatir Akan Ancaman Nuklir Korut, Inti Pertemuan Presiden Korsel Dan Jokowi

Anggota Kementrian Pertahanan setempat bersama dengan polisi membantu mereka yang terdampak, menyelematkan masyarakat yang terjebak dalam kondisi banjir. Sedikitnya 870 orang diselamatkan dan lebih dari 3.800 orang harus ditempatkan di akomodasi sementara.

Peristiwa banjir terbilang jarang terjadi Uni Emirat Arab. Dari sejumlah video yang beredar di media sosial, Nampak sejumlah kendaraan hanyut oleh banjir, Negara tersebut seharian diguyur hujan, juga sejumlah tim penyelamat mengevakuasi orang-orang ke tempat yang lebih aman.

Menurut Al Jazeera, hujan deras di Uni Emirat Arab dan badai diperkirakan masih akan berlangsung hingga pekan depan, hal ini aneh mengingat di daerah Uni Emirat Arab seringkali memiliki cuaca yang panas, kering, dan berdebu, terlebih Juli ini ialah masa musim panas.

Cuaca tidak menentu memang terjadi di bumi, termasuk di Indonesia dimana di musim panas kali ini hujan masih sering turun meski juga diiringi dengan cuaca panas di siang hari. Selain di Uni Emirat Arab, Negara lain yang juga turun hujan deras di musim panas ialah Qatar, Oman, Yaman, dan India.