Hari Donor Darah Sedunia 2022: Tanggal, Sejarah, dan Tema Peringatan Tahun ini

Hari ini diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia, simak Yuk mulai dari tanggal, sejarah, manfaat donor darah dan tema hari Donor Darah Sedunia 2022.

Hari Donor Darah Sedunia 2022: Tanggal, Sejarah, dan Tema Peringatan Tahun ini
Hari Donor Darah Sedunia 2022 ada tanggal, sejarah hingga tema peringatannya. Gambar : Unsplash.com/Dok. Nguyễn Hiệp

BaperaNews - Hari ini tanggal 14 Juni 2022 diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia, peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya donor darah serta produk donor darah yang aman.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, produk yang berhubungan dengan darah sangat penting untuk kesehatan masyarakat di seluruh dunia. Hari ini juga kita semua menandai kesempatan untuk berterima kasih kepada para relawan dan pendonor darah atas kontribusinya memberikan darahnya demi keselamatan banyak nyawa.

Semua orang bertanya-tanya, bagaimana bisa Hari Donor Darah lahir didunia? mari kita simak yuk Sejarah Hari Donor Darah Sedunia 2022 yang BaperaNews rangkum Untuk Anda: 

Sejarah Hari Donor Darah Sedunia pertama kali diperingati pada tahun 2004 sekaligus ditetapkan, jadi acara global tahunan oleh WHO. Kesepakatan penetapan hari Darah Donor sedunia dari kesepakatan bersama oleh WHO, Federasi Palang Merah, Perhimpunan Internasional Transfusi Darah, Bulan Sabit Merah, dan Organisasi internasional Transfusi Darah.

14 Juni juga merupakan hari kelahiran dari Karl Landsteiner (1868-1943), ia seorang dokter Austria pendiri transfusi darah modern. Pada tahun 1901, Karl Landsteiner berhasil menemukan golongan darah ABO dan mengembangkan pengelompokan golongan darah modern, seperti golongan darah AB.

Penemuan kemudian diidentifikasi bersama Alexander Wiener, penemu faktor rhesus pada tahun 1973. Dengan demikian, dokter bisa melakukan transfusi darah tanpa membahayakan nyawa pasien. Sebab itulah dipilih tanggal 14 Juni sebagai Hari Donor Darah Sedunia.

Baca Juga : Mulai Juli 2022 BPJS Kesehatan Hapus Kelas 1 2 3

Tema Hari Donor Darah Sedunia 2022 ini adalah "Donating blood is an act of solidarity. Join the effort and save lives" atau "Mendonor darah adalah aksi solidaritas. Bergabunglah dengan upaya dan selamatkan nyawa".

Penyelenggaraan Hari Donor Darah Sedunia difosukan untuk menarik perhatian pada peran yang dimainkan oleh donor darah sukarela dalam penyelamatan. Tujuan tema ini juga juga untuk menyoroti perlunya donor yang berkomitmen untuk donor darah tahunan secara teratur, untuk mempertahankan persediaan yang memadai dan mencapai universal dan akses tepat waktu ke transfusi darah yang aman.

Di Negara Mexico City, menggelar acara Hari Donor Darah Sedunia 2022 dengan sejumlah kegiatan seperti kampanye dari medsos tentang pentingnya donor darah, pentas seni, dan lokakarya donor darah secara sukarela. 

Upaya manusia di muka bumi ini untuk mendonorkan darah ada manfaatnya juga lohh... 

Berikut manfaat dari Donor Darah untuk memperingati Hari Donor Darah Sedunia

  1. Donor darah tidak hanya bermanfaat bagi penerima, bagi pendonor pun banyak manfaatnya terlebih jika dilakukan secara rutin tiap 3 bulan sekali.
  2. Donor darah bagi orang yang mendonorkan darahnya diantaranya dapat mendeteksi penyakit serius, menaikkan produksi sel darah merah, memanjangkan umur, menyehatkan jantung, meminimalkan resiko stroke dan kanker, mengatasi tekanan darah tinggi, dan menurunkan berat badan.
  3. Bagi penerima, tentu akan sangat bermanfaat, bisa membantu menyelamatkan nyawa dan mengatasi berbagai resiko kesehatan akibat kurang darah.

Jadi, jangan ragu lagi untuk rutin donor darah. Anda bisa donor darah di Palang Merah Indonesia terdekat domisili Anda atau di sejumlah pusat pelayanan kesehatan lainnya. Sekali lagi, selamat Hari Donor Darah Sedunia 2022 semua.