Fitur Baru WhatsApp: Bisa Buat Polling Di Grup Dan Percakapan Pribadi, Simak Cara Buat Polling!

WhatsApp lagi-lagi meluncurkan fitur baru bernama "Polling" yang menarik perhatian pengguna, fitur tersebut dapat digunakan pengguna untuk percakapan pribadi maupun grup.

Fitur Baru WhatsApp: Bisa Buat Polling Di Grup Dan Percakapan Pribadi, Simak Cara Buat Polling!
Kolase Foto Fitur baru WhatsApp bisa buat polling di grup dan percakapan pribadi. Gambar : Tim Redaksi Baperanews

BaperaNews - WhatsApp kembali mengeluarkan fitur baru berupa polling atau jajak pendapat. Sebelumnya kabar ini sempat terendus oleh WABetaIndo, situs yang sering membocorkan rencana fitur baru WhatsApp.

Fitur Polling untuk percakapan pribadi sedang dilakukan uji coba kepada sejumlah pengguna yang telah memperbarui aplikasinya menjadi versi terbaru Android 2.22.23.12. Pada Senin (14/11), fitur Polling telah bisa dipakai sejumlah pengguna di percakapan pribadi maupun grup.

Beberapa pengguna WhatsApp membagikan tangkapan layar fitur Polling yang kemudian ditanggapi dengan pertanyaan bagaimana cara membuatnya.

“Guys baru tahu di WA ada fitur begini, cara buatnya bagaimana ya?” tanya seorang warganet.

Namun, masih banyak pengguna WhatsApp yang mengeluhkan belum memiliki fitur Polling, meski sudah update ke WA versi terbaru. Lantas, seperti apakah fitur Polling WhatsApp ini?

Baca Juga : WhatsApp Buat Fitur Baru "Komunitas", Apa Bedanya Dengan Grup WA?

Fitur Polling WhatsApp

WhatsApp menjelaskan fitur Polling ialah sebuah cara sederhana untuk bertanya dan mendapat jawaban secara nyata dalam sebuah percakapan pribadi atau grup. Khusus untuk grup, fitur Polling bisa dipakai semua anggota, tidak hanya admin saja.

Jadi semua anggota grup bisa bertanya satu sama lain dan mengumpulkan jawaban. Pengguna bisa membuat maksimal 12 pilihan per Polling, pilihan juga bisa diurutkan sesuai kebutuhan.

Fitur Polling ini bermanfaat untuk berbagai hal, misalnya diskusi untuk menentukan tujuan bersama, yang jauh lebih mudah dibanding mengajukan satu persatu pertanyaan kepada kontak.

Untuk mengisi Fitur Polling, pengguna hanya perlu klik opsi atau pilihan yang tersedia, diizinkan untuk memilih lebih dari satu opsi, sesuai dengan pembuat Pollingnya. Selanjutnya, hasil Polling akan otomatis diperbarui tiap ada pengguna yang menjawab atau memberikan suaranya. Simak yuk cara membuat polling WhatsApp!

Berikut Cara Membuat Polling WhatsApp:

  • Buka ruang obrolan
  • Klik “Lampirkan” di pojok kanan bawah, samping ikon kamera.
  • Klik “Polling” atau “Poll” dan laman WA akan menampilkan pilihan untuk membuat Polling baru.
  • Ketik pertanyaan yang diajukan, masukkan pilihan jawabannya maksimal 12 pilihan.
  • Untuk mengganti urutan, cukup dengan ketuk dan tahan ikon garis yang ada di pilihan dan geser.
  • Setelah selesai, klik “Kirim” di kanan bawah.

Untuk melihat hasil Pollong, klik “Lihat pilihan”. Hasil Polling ini bisa dilihat oleh semua orang di grup, tidak hanya oleh pembuat Polling. Selamat mencoba!

Baca Juga : WhatsApp Blokir Tangkapan Layar Di Pesan Sekali Lihat, Warganet Mengeluh