Baca Doa Ini Agar Terhindar dari Kecelakaan Kereta Api

Ketahui rahasia doa yang dapat memberikan perlindungan ekstra saat naik kereta api. Baca doa di sini agar terhindar dari kecelakaan kereta api!

Baca Doa Ini Agar Terhindar dari Kecelakaan Kereta Api
Baca Doa Ini Agar Terhindar dari Kecelakaan Kereta Api. Gambar : unsplash.com/Dok. Faisal Hanafi

BaperaNews - Doa pergi menjadi bagian penting dalam persiapan perjalanan, tidak hanya dari segi kondisi tubuh dan kendaraan, namun juga sebagai bentuk perlindungan dari segala musibah. 

Melantunkan doa terhindar dari kecelakaan, baik sebelum beraktivitas di luar rumah maupun saat menggunakan kendaraan, diyakini sebagai tindakan untuk senantiasa dirahmati oleh Allah SWT. 

Dalam tulisan ini, Bapera News akan menggali lebih dalam doa pergi yang disarankan untuk keamanan dan keselamatan selama perjalanan lebih tepatnya doa agar selamat dan terhindar dari kecelakaan saat naik kereta api atau kendaraan darat lainnya.

Doa Terhindar dari Kecelakaan

Doa agar selamat yang disarankan untuk terhindar dari kecelakaan adalah:

اللهم انى اعوذبك من جهدالبلاء ودرك الشقاء وسوءالقضاء وشماتة الاعداء

Latin:

"Allaahumma innii a'uudzu bika min jahdil balaa-i wa dar-kisy syaqaa-i wa suu-il qadhaa-i wa syamaatatil a'daa-i".

Artinya: 

"Wahai Allah, aku berlindung dengan-Mu dari cobaan yang memayahkan dari kecelakaan, dari buruknya keputusan dan dari gembiranya musuh."

Doa agar selamat ini sangat disarankan untuk dibaca saat hendak beraktivitas di luar rumah, terutama saat menggunakan kendaraan. Tujuannya adalah untuk memohon perlindungan Allah SWT dari berbagai godaan yang dapat mengancam keselamatan selama perjalanan.

Selain doa terhindar dari kecelakaan di atas, terdapat doa pergi tambahan yang juga dapat dibaca sebagai langkah pencegahan musibah.

Baca Juga : 3 Doa Naik Kendaraan, Darat, Laut, dan Udara Meminta Keselamatan

Doa Mencegah Musibah

سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ . وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Latin:

"Subhaanalladzi sakhkhoro lanaa hadza wa maa kunna lahu muqrinin. Wa innaa ila robbinaa lamunqolibuun".

Artinya: 

"Maha Suci Allah yang telah menundukkan kendaraan ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami." (QS Azukhruf: 13–14)

Doa agar terhindar dari kecelakaan dan selamat sampai tujuan ini mengajarkan kita untuk senantiasa mengakui kekuasaan Allah dalam setiap perjalanan hidup, dan mengingatkan bahwa segala sesuatu dalam hidup ini adalah anugerah-Nya.

Doa Naik Kendaraan Darat

Adapun doa agar selamat di perjalanan tambahan untuk kita yang sedang naik kendaraan darat dengan membaca takbir tiga kali.

اللَّهُ أَكْبَرُ, اللَّهُ أَكْبَرُ, اللَّهُ أَكْبَرُ

Latin:

"Allaahu akbar, Allaahu akbar, Allaahu akbar"

Artinya: 

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar

Kemudian dilanjut dengan membaca:

سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هٰذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلٰى رَبِّنَا لَمُنقَلِبُوْنْ

Latin:

"Subhaanal-ladzii sakhkhara lanaa haadzaa wamaa kunnaa lahu muqriniin. Wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun."

Artinya: 

"Maha Suci Tuhan yang memudahkan ini kendaraan bagi kami, sedangkan bagi kami tidak bisa memudahkan kepada-Nya, dan kepada Allah kami kembali."

Dalam persiapan perjalanan, doa bukan hanya sekadar ritual, tetapi juga manifestasi kepercayaan dan ketergantungan kepada Tuhan. Doa terhindar dari kecelakaan dan doa agar selamat menjadi bentuk permohonan akan keselamatan dan perlindungan Allah SWT. 

Dengan membacanya, diharapkan setiap langkah perjalanan kita senantiasa berada dalam naungan-Nya.

Dengan memahami makna dan tujuan dari setiap doa, kita tidak hanya mengucapkannya sebagai rutinitas, tetapi juga meresapi keikhlasan dan kepercayaan yang terkandung di dalamnya. 

Selalu diingat, bahwa keselamatan selama perjalanan bukan hanya ditentukan oleh kondisi fisik, tetapi juga oleh rahmat dan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Baca Juga : 6 Doa Ketika Turun dan Setelah Hujan: Lengkap Arab, Latin, dan Artinya