Catat! KAI Tambah 10 Perjalanan pada Libur Imlek dan Isra Miraj 2024

KAI menambah 10 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) selama libur Isra Mikraj dan Cuti Bersama Imlek. Total 1.085 perjalanan akan dioperasikan. Simak rutenya di sini!

Catat! KAI Tambah 10 Perjalanan pada Libur Imlek dan Isra Miraj 2024
Catat! KAI Tambah 10 Perjalanan pada Libur Imlek dan Isra Miraj 2024. Gambar : MI/Usman Iskandar

BaperaNews - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memberikan keterangan bahwa mereka akan menambah 10 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) selama periode libur Isra Mikraj dan Cuti Bersama Imlek, 7-11 Februari 2024.

Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, total 1.085 KAJJ akan dioperasikan selama periode tersebut, dengan rata-rata 217 perjalanan per hari. Jumlah ini mengalami peningkatan dari pekan sebelumnya, yakni periode 31 Januari 2024 s.d. 4 Februari 2024, yang mencatatkan 1.075 perjalanan KA Jarak Jauh.

Kereta yang mendapatkan penambahan perjalanannya melibatkan 4 perjalanan KA Manahan (Gambir - Solo Balapan PP), 4 perjalanan KA Sancaka (Yogyakarta - Surabaya Gubeng PP), dan 2 perjalanan KA Kaligung (Cirebon Prujakan – Semarang Poncol PP).

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, menjelaskan bahwa penambahan frekuensi perjalanan ini dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan volume pelanggan pada libur panjang akhir pekan di awal Februari 2024.

Berdasarkan pantauan pada Senin (5/2), sudah terjual sebanyak 462.592 tiket KA Jarak Jauh untuk periode 7-11 Februari 2024, dengan rata-rata 92.518 tiket per hari. Meskipun jumlah ini signifikan, namun masih 64% dari total keseluruhan tiket KA Jarak Jauh yang tersedia, yaitu sebanyak 722.472 tiket.

Baca Juga: Di Luar Jam Sibuk, Tarif Tiket Kereta Cepat Whoosh Hanya Rp150.000!

Masyarakat yang berencana bepergian selama periode libur Imlek dan Isra Miraj diharapkan segera membeli tiket, baik melalui aplikasi KAI Access, situs web kai.id, ataupun saluran distribusi lain yang bekerja sama dengan KAI.

Joni menyarankan bahwa jika tiket pada tanggal dan rute yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat mempertimbangkan tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI. Fitur ini membantu memberikan opsi perjalanan dengan menggabungkan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Sejauh ini, rute-rute favorit masyarakat pada periode libur Imlek 2024 dan Isra Miraj 2024 adalah Jakarta - Surabaya PP, Jakarta - Solo PP, Jakarta - Malang PP, Yogyakarta - Banyuwangi PP, Blitar - Bandung PP, dan rute KAI lainnya.

Joni menekankan bahwa dalam menyediakan transportasi kereta api khususnya selama libur panjang, KAI berkomitmen untuk mengantarkan masyarakat dengan aman dan menjauhkan mereka dari kemacetan di jalan raya.

Baca Juga: PT KAI Ingatkan Sanksi Hukum Terkait Kasus Kereta Tabrak Truk di Semarang