Bapera Maluku Gelar Apel Akbar dan Longmarch Napak Tilas Perjuangan Para Pahlawan

Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Provinsi Maluku menggelar Apel Akbar hingga longmarch di Kota Ambon, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan Tahun 2021.

Bapera Maluku Gelar Apel Akbar dan Longmarch Napak Tilas Perjuangan Para Pahlawan
Suasana Apel Akbar dan Long March Bapera Maluku. Gambar : Terasmaluku.com

BaperaNews - Tepat pada Sabtu (13/11/2021) lalu, Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Provinsi Maluku menggelar Apel Akbar hingga longmarch di Kota Ambon, Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan Tahun 2021.

Apel Akbar dan longmarch yang dimulai dari Gong Perdamaian Dunia menyusuri sejumlah ruas jalan utama di Kota Ambon, Diikuti pengurus DPD Bapera Maluku dan Kota Ambon, OKP hingga pelajar.

Ketua DPD Bapera Provinsi Maluku, Subhan Pattimahu melakukan pelepasan peserta longmarch untuk menandai pembukaan acara tersebut. 

Subhan Pattimahu menyampaikan Apel Akbar ini dmaksudkan untuk menyatukan kembali para pemuda untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan.

“Karena dengan kondisi era digitalisasi, kita takut rasa kebangsaan pudar sehingga kita buat dalam bentuk apel akbar dan longmarch. Longmarch ini sendiri tujuannya agar setiap langkah kita pada pagi hari ini mengenang kembali langkah-langkah pahlawan terdahulu sehingga saat ini generasi muda bisa hidup dengan tenang, ibaratnya kitanapak tilas,”terangnya kepada wartawan.

Apalagi melalui kegiatan Apel Akbar dan Longmarch ini, bisa bangkitkan lagi semangat kebangsaan dan perilaku kebangsaan.

“Dan hari ini kita tanamkan bahwa kita pemuda Maluku selalu mengingat sejarah dan sejarah ini akan menentukan bagaimana perjalanan bangsa kedepan,”sambungnya.

Generasi muda kata Subhan adalah generasi yang akan menggantikan tokoh-tokoh bangsa dan daerah ini. “Dan itu ada di pundak para pemuda,”tandasnya.

Hadir juga Walikota Ambon, Richard Louhenapessy didampingi Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Setda Provinsi Maluku, yakni Umar Alhabsyi.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam sambutannya membakar semangat para generasi muda yang hadir.

“Saya ingin ingatkan kepada adik-adik, hari ini dua momentum yang penting Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan diperingati oleh komponen pemuda yang tergabung dalam Barisan Bapera. Dua momentum ini memiliki nilai-nilai yang luar biasa, yaitu semangat dan pengorbanan,”kata Richard.

Maka dari itu Richard Louhenapessy juga menyampaikan, untuk dapat bersaing perlu ada inovasi dan penguasaan teknologi di era digitalisasi seperti saat ini.

“Karena saya yakin diantara kalian ini akan ada Walikota baru, jadi kalau tidak siap, orang lain akan mengambil kesempatan itu. Itu yang jadi alasan mari kita siapkan ini untuk kepentingan bersama. Kalian harapan bangsa, harapan kota ini,”tuturnya membakar semangat.

Gubernur Maluku, Murad Ismail lewat sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Setda Provinsi Maluku, Umar Alhabsyi meyambut baik dan mengapresiasi Bapera Provinsi Maluku yang telah menggagas kegiatan ini.

“Momentum apel akbar ini merupakan manifestasi kesadaran generasi muda dalam menghimpun kekuatan pemuda untuk bersatu padu memajukan Provinsi Maluku,”kata Gubernur sembari menambahkan karena generasi muda menjadi bagian penting dari bangsa yang akan melanjutkan pembangunan daerah, bangsa dan negara.

Gubernur pun mengajak pemuda di Maluku untuk terus berinovasi dengan ide-ide kreatif agar Maluku tidak boleh lagi tertinggal dari daerah lain. “Pemuda Maluku jangan hanya berdiam diri saja, tetapi harus bangkit bergerak dan berlari bersama pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan untuk mengejar ketertinggalan. Jangan sampai kita kalah dan tertinggal lagi dari daerah lain,”ingatnya.

Gubernur meminta dukungan dari semua lapisan pemuda di Maluku agar ikut mendukungnya dan Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno sehingga Visi Misi Pemprov Maluku dalam menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menjaga sumber daya alam agar dapat dinikmati generasi yang akan datang bisa terlaksana dengan baik.

Gubernur juga meminta pemuda ikut mendukung program prioritas strategis nasional di Maluku seperti Ambon New Port, Blok Masela dan Lumbung Ikan Nasional (LIN) agar berdampak bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat di Maluku. “Generasi muda di MAluku harus kreatif dan inovatif merspon peluang dan kesempatan tersebut. Saya yakin dengan tekad dan semangat untuk maju, pemuda Maluku akan menjadi motor penggerak di Maluku,”tandasnya seperti dilansir terasmaluku