APRC 2023 Menurut Fahd A Rafiq Adalah Langkah Awal Menuju Kejayaan Danau Toba sebagai Destinasi Sport Tourism Dunia

Bergulirnya Asia Pacific Rally Championship 2023 di Danau Toba, Sumatera Utara, memberikan sentuhan baru bagi pariwisata lokal.

APRC 2023 Menurut Fahd A Rafiq Adalah Langkah Awal Menuju Kejayaan Danau Toba sebagai Destinasi Sport Tourism Dunia
APRC 2023 Menurut Fahd A Rafiq Adalah Langkah Awal Menuju Kejayaan Danau Toba sebagai Destinasi Sport Tourism Dunia. Gambar: Dok. Istimewa

BaperaNews - Rangkaian balap reli kelas dunia bertajuk Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2023 resmi dibuka di Danau Toba, Sumatera Utara pada Sabtu, (26/11). Ajang tahunan yang digelar International Automobile Federation (FIA) ini diselenggarakan di area BPSI LHK Aek Nauli, Kota Parapat.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq mengapresiasi atas diadakannya Asia Pasific Rally Championship 2023 ini yang di mana melibatkan negara lain dari Asia Pasifik karena dapat meningkatkan nilai lebih pada pariwisata.

“Saya apresiasi penyelenggaraan APRC yang diharapkan jadi nilai lebih pariwisata Indonesia, khususnya Danau Toba,” ujar Fahd A Rafiq, Senin (27/11).

Apalagi pada 2025 mendatang, salah satu seri balap reli paling bergengsi, World Rally Championship (WRC), bakal digelar di Sumatera Utara. Melihat APRC 2023 menjadi batu loncatan menuju suksesnya penyelenggaraan WRC nanti.

Mantan Wagub Sumut menambahkan penyelenggaraan ajang otomotif dunia ini bukan sekadar penyaluran hobi. Namun, demi manfaat ekonomi daerah dan wisata Indonesia pada umumnya.

“Karena event berdampak ekonomi, apalagi Danau Toba sudah jadi DPSP atau Program Destinasi Pariwisata Super Prioritas. Banyaknya peserta dan fans asing ke depan pasti makin banyak datang ke sini,” ujar Fahd A Rafiq, Senin (27/11).

Dengan digelarnya balapan kelas dunia di Danau Toba, diharapkan kawasan wisata super prioritas ini makin dilirik wisatawan mancanegara. Tentunya ini melengkapi daya tarik pariwisata Danau Toba yang sudah ada, mulai sport tourism hingga budaya dan alamnya.

Peningkatan kunjungan wisman juga dipercaya menggeliatkan ekonomi lokal, membuka lapangan kerja baru, dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumut.

Dengan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan, APRC bisa menjadi langkah awal menuju Danau Toba kembali mencetak sejarah sebagai tuan rumah ajang balap reli dunia di 2025 mendatang. Tentunya juga berdampak lebih besar pada kemajuan pariwisata Tanah Air.

Penulis : Ahmad G