Apple Beralih ke Robot Rumahan Usai Batalkan Proyek Mobil Listrik

Apple mengumumkan pembatalan proyek mobil listrik, kini tengah beralih ke proyek pengembangan robot rumahan. Simak Selengkapnya!

Apple Beralih ke Robot Rumahan Usai Batalkan Proyek Mobil Listrik
Apple Beralih ke Robot Rumahan Usai Batalkan Proyek Mobil Listrik. Gambar : Reuters/Gonzalo Fuentes

BaperaNews - Apple, produsen iPhone terkemuka, baru-baru ini mengumumkan pergeseran strategisnya dalam pengembangan teknologi dengan membatalkan proyek mobil listrik yang telah berlangsung selama satu dekade. 

Kabar tersebut datang dari jurnalis Bloomberg, Mark Gurman, yang mengungkapkan bahwa Apple kini tengah beralih ke proyek pengembangan robot rumahan.

Menurut laporan Mark Gurman, Apple tengah menggarap dua proyek utama dalam bidang robotika. 

Pertama, adalah pengembangan robot yang mampu mengikuti pengguna di sekitar rumah mereka. Kedua, adalah pengembangan robot yang dapat menggerakkan layar secara otomatis.

Engineer di Apple sedang menjelajahi konsep mobile robot yang dapat berfungsi sebagai asisten rumah tangga, mengikuti pengguna di sekitar rumah mereka. 

Selain itu, Apple juga tengah mengembangkan perangkat rumah tangga canggih berupa robotik yang bertujuan untuk menggerakkan layar.

Baca Juga : Gegara Penipuan iPhone Palsu, Apple Rugi Rp95 M

Konsep penggunaan algoritma kecerdasan buatan (AI) akan memungkinkan robot untuk menavigasi ruangan yang berantakan di dalam rumah pengguna. 

Apple ingin menciptakan pesaing untuk Amazon Astro, yang juga merupakan robot asisten virtual mobile dan memantau keamanan rumah.

Selain itu, Apple juga menginginkan robot yang dapat melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci piring. Namun, proyek ini kemungkinan tidak akan dirilis dalam waktu dekat karena tantangan teknis yang cukup sulit.

Mark Gurman juga mengungkapkan bahwa Apple menghadapi tantangan teknis terkait pengembangan perangkat table-top yang dilengkapi dengan layar yang dapat meniru gerakan kepala seseorang saat melakukan video call menggunakan FaceTime. 

Beberapa eksekutif Apple bahkan mempertanyakan apakah perangkat tersebut layak untuk dikembangkan atau tidak.

Baca Juga : Bakal Rilis iOS Baru, Apple Umumkan Jadwal WWDC 2024