Apa Definisi Kurus? Bagaimana Cara Menentukan Tubuh Yang Terlalu Kurus?

Memiliki tubuh kurus memang diidamkan oleh semua wanita. Namun, kalian harus cari tahu lebih luas tentang apa definisi kurus? dan bagaimana cara untuk menentukan tubuh yang terlalu kurus?

Apa Definisi Kurus? Bagaimana Cara Menentukan Tubuh Yang Terlalu Kurus?
Apa Definisi Kurus? Bagaimana Cara Menentukan Tubuh Yang Terlalu Kurus? Gambar : Pexels.com/Dok. SHVETS production

BaperaNews - Memiliki tubuh idaman merupakan impian banyak orang, namun proporsi tubuh ideal itu sendiri banyak disalahartikan menjadi kurus, terutama oleh kaum wanita padahal tubuh kurus atau terlalu kurus juga berbahaya untuk tubuh. Tubuh ideal ialah proporsi tubuh yang pas, tidak gemuk dan tidak kurus.

Tubuh kurus disebabkan oleh sejumlah faktor, diantaranya dari pola diet atau kelainan cara makan. Bukannya mendapat body goals, tubuh kurus seringkali membuat seseorang nampak kekurangan gizi, jadi perlu untuk memiliki asupan nutrisi yang tepat agar memiliki tubuh yang sehat dan ideal.

Apa definisi kurus?

Definisi kurus ialah kondisi kurangnya berat badan jika dibandingkan dengan tinggi badannya, ada aturan khusus yang menjadi dasarnya, yakni Kalkulator Body Mass Indeks (BMI) atau Indeks Massa Tubuh (IMT) yang bisa menjadi penentu kategori tubuh, termasuk kurus, gemuk, atau ideal.

Cara menentukan kategori tubuh ialah:

  • Kalikan atau kuadratkan tinggi badan.
  • Bagi berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan.
  • Hasil tersebut dicocokkan dengan kategori nilai BMI dan IMT.

Baca Juga : Mengenal Mie Shirataki Yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet

Sedangkan kategori tubuh nilainya ialah :

  • < 17 : sangat kurus
  • < 19 : kurus
  • 19 – 24,9 : ideal
  • 25 – 29,9 : gemuk
  • > 30 : kegemukan (obesitas)

Sebagai contoh, Anda memiliki tinggi badan 177 cm (1,77 m) dengan berat badan 65 kg. 1,77x1,77 = 3,1329. Berat badan dibagi hasil kuadrat tinggi badan, 65 : 3,1329 = 20,07. Artinya termasuk kategori tubuh ideal.

Contoh lain, misalnya tinggi badan 160 (1,6 m) dengan berat badan 35 kg. 1,6x1,6 = 2,56. 35 : 2,56 = 13,6. Artinya termasuk tubuh yang sangat kurus.

Memang tidak semua orang mengalami dampak atau efek dari tubuh kurus, mungkin efeknya tidak terlalu terasa jika disertai dengan gaya hidup sehat dan tidak ada penyakit penyerta, namun, tubuh kurus dan sangat kurus juga kemungkinan besar berakibat resiko kesehatan, seperti osteoporosis, masalah pada gigi, rambut, dan kulit,  mudah sakit, merasa lelah sepanjang hari, anemia (kekurangan sel darah merah), dan sebagainya.

Sebab itu, perlu untuk menghitung angka BMI tubuh Anda sebelum melakukan diet atau menginginkan angka tertentu untuk target berat badan. Yang terbaik bagi penampilan ataupun segi kesehatan tentu ialah yang ideal.

Baca Juga : Diet Terbaik Di Tahun 2022 Menurut Para Ahli!