Amran Sulaiman Resmi Dilantik Presiden Jokowi Sebagai Menteri Pertanian

Presiden Joko Widodo resmi melantik Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian (Mentan) untuk sisa periode 2019-2024 pada Rabu (25/10/2023).

Amran Sulaiman Resmi Dilantik Presiden Jokowi Sebagai Menteri Pertanian
Amran Sulaiman Resmi Dilantik Presiden Jokowi Sebagai Menteri Pertanian. Gambar : suarasurabaya/farid

BaperaNewsPresiden Joko Widodo resmi melantik Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian (Mentan) untuk sisa periode 2019-2024 pada Rabu (25/10/2023). Pelantikan ini dilaksanakan di Istana Negara Jakarta.

Informasi yang menarik muncul ketika Amran Sulaiman diketahui mengisi posisi yang sebelumnya dipegang oleh Syahrul Yasin Limpo. Syahrul memilih mundur dari jabatannya setelah terjerat dalam isu dugaan korupsi. Menariknya, meskipun posisi Mentan awalnya merupakan bagian dari kuota Partai NasDem, Amran dikenal berasal dari kalangan non-partai. Amran sendiri bukanlah wajah baru di kabinet, dia pernah menjabat sebagai Mentan pada era Kabinet Kerja periode 2014-2019. Tidak hanya dikenal dalam dunia politik, Amran juga merupakan seorang pengusaha terkenal asal Makassar.

Dasar dari pelantikan ini berlandaskan pada Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 101/P tahun 2023 yang berkaitan dengan pengangkatan Menteri Pertanian untuk Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Pada pelantikan, Amran dengan khidmat mengucapkan sumpah jabatan di depan Presiden Joko Widodo. "Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," ujar Amran dengan tegas.

Baca Juga : Surya Paloh Hanya tersenyum Atas Penetapan Mentan Syahrul Yasin Limpo Sebagai Tersangka KPK

Presiden Joko Widodo sebelumnya sempat memberikan indikasi akan melakukan reshuffle kabinet pada pekan ini. Namun, waktu pasti reshuffle tidak diungkapkan oleh Jokowi. Meski demikian, dengan adanya pelantikan Amran, jelas pos Mentan yang kosong akibat pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo telah terisi.

Mengenai reshuffle kabinet, Jokowi pernah menyebut akan melantik Menteri Pertanian definitif, yang kini terwujud dengan pelantikan Amran Sulaiman. Sebelum Amran, Jokowi telah menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Mentan.

Sebagai tambahan, Jokowi juga mengangguk saat ditanya apakah Partai Demokrat akan bergabung dalam kabinet. Hal ini menambah spekulasi setelah adanya pertemuan tertutup antara Jokowi dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Merdeka Jakarta, Senin 23 Oktober 2023. "Ya biasa ya pertemuan silahturahmi berbicara hal-hal yang biasa saja. Kita bicarakan ketemu dengan partai," ungkap Jokowi.

Melalui pelantikan ini, masyarakat tentunya menaruh harapan besar terhadap langkah-langkah strategis yang akan dilakukan oleh Amran Sulaiman sebagai Mentan, terutama dalam menghadapi tantangan di sektor pertanian kedepannya.

Baca Juga : CEO TikTok Temui Jokowi, Mau Bikin E Commerce Baru?