AHY Akui Siap Ditugaskan di Mana Pun Soal Jatah Menteri dalam Kabinet Prabowo Subianto

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyatakan kesiapannya untuk ditempatkan di posisi mana pun dalam kabinet Presiden Terpilih Prabowo Subianto.

AHY Akui Siap Ditugaskan di Mana Pun Soal Jatah Menteri dalam Kabinet Prabowo Subianto
AHY Akui Siap Ditugaskan di Mana Pun Soal Jatah Menteri dalam Kabinet Prabowo Subianto. Gambar : Dok.Umsu

BaperaNews - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menyatakan kesiapannya untuk ditempatkan di posisi mana pun dalam kabinet Presiden Terpilih Prabowo Subianto. AHY menegaskan bahwa pemilihan menteri adalah hak prerogatif Presiden, dan Partai Demokrat sepenuhnya menghormati keputusan tersebut.

Hal ini diungkapkan AHY setelah menghadiri acara syukuran HUT Partai Demokrat ke-23 di DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Senin (9/9).

"Saya benar-benar menghormati, Demokrat benar-benar menghormati hak prerogatif dari Bapak Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Oleh karena itu saya siap ditempatkan dan ditugaskan di mana pun," ujar AHY. 

Ia juga menegaskan bahwa saat ini tidak ingin berspekulasi lebih jauh mengenai posisi menteri yang mungkin akan ia duduki. AHY memilih untuk menunggu keputusan final dari Prabowo Subianto terkait penyusunan kabinetnya.

"Saya tidak mau berandai-andai, kita tunggu saja apakah ataupun saatnya nanti beliau akan mengumumkannya sendiri," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, AHY mengungkapkan harapannya agar Partai Demokrat dapat terlibat langsung dalam kabinet Prabowo Subianto. Demokrat ingin berkontribusi secara penuh untuk mendukung pemerintahan yang akan datang.

Baca Juga: PKS Beri Respons Soal AHY Sebut Demokrat Hancur Lebur jika Masih di Koalisi Perubahan

Menurut AHY, Prabowo saat ini tengah menyusun langkah-langkah strategis untuk memastikan kabinetnya dapat bekerja dengan efektif dan memberikan dampak positif bagi pemerintahan. 

“Beliau masih sangat serius untuk menyusun langkah-langkah strategis ke depan termasuk penyusunan kabinet karena pembantu-pembantu beliau tentunya diharapkan bisa benar-benar memberikan dukungan penuh, memberikan nilai tambah dan Demokrat ingin menjadi bagian dari itu semua,” jelas AHY.

Sebelumnya, Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, juga menyatakan bahwa AHY kemungkinan besar akan ditunjuk sebagai menteri dalam kabinet Prabowo Subianto. Herzaky menyebut bahwa AHY adalah calon kuat dari Demokrat untuk menjadi bagian dari kabinet mendatang.

"Mas AHY enggak pernah memilih-milih tugas, jadi kita tunggu saja keputusannya nanti," ujar Herzaky.

Saat ini, AHY disebut-sebut memiliki pengalaman yang cukup kuat untuk mengisi posisi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Namun, Herzaky menekankan bahwa keputusan akhir tetap berada di tangan Prabowo Subianto.

"Ya kita, mungkin saja di Menko, mungkin saja di teknis, tergantung Pak Prabowo," tambahnya.

Dukungan Demokrat pun terhadap Prabowo Subianto terus diperkuat dengan kesediaan partai tersebut untuk terlibat aktif dalam pembentukan kebijakan dan penyusunan kabinet.

Baca Juga: Baru Pertama Kali Kunjungi IKN, AHY Terpukau atas Mimpi Besar Jokowi