8 Masjid Dengan Desain Yang Unik Dan Indah Di Indonesia

Masjid biasanya identik dengan wisata religi, ini dia dereta masjid yang memiliki desain unik dan Indah serta nilai sejarah yang tinggi di Indonesia!

8 Masjid Dengan Desain Yang Unik Dan Indah Di Indonesia
8 Masjid Dengan Desain Unik dan Indah di Indonesia. Gambar : Unsplash.com/ Dok. ALMWALD ALEZZEY

BaperaNews - Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia ini membuat jumlah masjid di Indonesia sangat banyak. Dengan banyaknya bangunan masjid di Indonesia, selain menjadi tempat ibadah bangunan masjid juga bisa dimanfaatkan sebagai wisata religi.

Wisata religi biasanya identik dengan sebuah tempat ibadah atau bangunan masjid yang memiliki desain unik serta nilai sejarah yang tinggi. Masjid menjadi menarik untuk dikunjungi karena desain arsitekturnya yang unik, terdapat akulturasi budaya, memiliki nilai konsep yang berbeda membuat semua unsur tesebut bersatu padu dan menghasilkan bangunan masjid yang unik dan indah di pandang mata.

Berikut 8 masjid dengan desian yang unik dan indah di Indonesia : 

1. Masjid Raya Sumatra Barat

Masjid Raya Sumatera Barat. Gambar : Unp.ac.id

Masjid yang terletak di Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat ini memiliki sebuah desain yang unik. Keindahan dari adat minang yakni Rumah Gadang diabadikan melalui bangunan masjid indah yang dikenal dengan nama Masjid Mahligai Minang. Yang membedakan desain masjid ini dengan masjid lainnya terlihat dari sisi kubah. Masjid ini tidak memiliki kubah pada umumnya, melainkan beratap khas budaya Minangkabau yang didesai seperti Rumah Gadang. Dilenkapi dengan ukiran Minang dan kaligrafi pada dinding bagian luar makin menyempurnakan arsitektur dari masjid ini.

2. Masjid Agung An-Nur Pekanbaru

Masjid Agung An-Nur Pekanbaru. Gambar :Instagram.com/@Novri_pci

Masjid Agung An-Nur terletak di Pekanbaru, Kepulauan Riau. Jika dilihat secara sekilas bangunan masjid ini serupa dengan salah satu ikon wisata India, Taj Mahal. Masjid dengan luas 12,6 hektare ini mampu memanjakan setiap orang yang berkunjung dengan sentuhan Melayu yang kental. Didominasi dengan warna hijau dan motif kubah yang erupa dengan kain hias berlapis warna emas dalam songket Melayu membuat pengunjung Masjid Agung An Nur semakin terkesima.

3. Masjid Al-Irsyad Bandung

Masjid Al-Isryad Bandung

Masjid yang didesain oleh Bapak Ridwan Kamil ini memiliki bentuk yang unik dan berbeda dengan bangunan masjid lainnya. bangunan yang hanya berbentuk kotak ini terinsipirasi dari bangunan Ka’bah di Mekkah. Dengan desain yang unik dan ramah lingkungan, membuat Masjid Al-Irsyad mendapat tiga penghargaan bergengsi yakni The Best 5 World Building of The Year 2010 untuk kategori Bangunan Religi dari National Frame Building Association, FuturArc Green Leadership Award tahun 2011 dari BCI Asia, dan Awards 2018 untuk kategori Bangunan Peribadatan.

4. Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya

Masjid Muhammad Cheng Hoo. Gambar : Merah Putih

Masjid Muhammad Cheng Ho memiliki arsitektur yang didominasi dengan budaya Hindu. Masjid dengan bangunan yang menyerupai Kelenteng ini dibuat untuk mengenang perjuangan dan dakwah yang dilakukan oleh pelaut tangguh dari Tiongkok Laksaman Cheng Ho dan warga Tionghoa muslim lainnya pada abad ke 15.

Baca Juga : 12 Makanan Lebaran dari Berbagai Negara di Dunia, Tidak Hanya Ketupat

5. Masjid 99 Kubah Makassar

Masjid 99 Kubah di Makassar. Gambar: Instagram/@hery_shagqank

Masjid yang dilengkapi dengan 99 kubah ini menggambarkan nama-nama baik Allah yakni Asmaul Husna. Lokasi masjid yang dekat dengan Anjungan Pantai Losari, membuat bangunan Masjid 99 Kubah makin terlihat indah – terlebih ketika waktu senja tiba.

6. Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban. Gambar : Tribun Style

Masjid Agung Tuban didirikan pada abad ke-15 oleh Bupati Tuban pertama yang memeluk agama islam. Bangunan masjid yang memiliki nilai sejarah panjang ini pada bagian luar bangunan memancarkan pesona 1001 malam dengan permainan warna, terutama pada malam hari.

7. Masjid Tiban Turen

Masjid Tiban Malang. Gambar: Instagram/@Adi Moh Rizal

Bangunan masjid kali ini ternyata di buat tanpa ada arahan dari arsitek. Bangunan yang dilengkapi dengan perpaduan ornament khas Turki, India, Russia hingga Mesir ini membuat konsep bangunan terlihat campu aduk namun bernilai seni tinggi. Masjid Tiban Turen dibangun dengan 10 lantai. Masjid yang berfungsi sebagai pesantren ini juga sering dikunjungi oleh para wisatawan.

8. Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus. Gambar :Daurattauhiid.org

Bangunan masjid Menara Kudus menjadi bangunan yang memiliki akulturasi dari tiga agama yakni Hindu, Buddha, dan Islam. Pembangunan masjid ini tak terlepas dari peran besar Sunan Kudus yang merupakan sala satu walisongo – penyebar agama Islam di Pulau Jawa. Bangunan masjid Menara Kudus menjadi bentuk ragam toleransi dari beberapa agama yang terdapat di Indonesia.

Baca Juga: Fenomena Hampers Lebaran, Kenapa Jadi Tren?