5 Destinasi Curug di Bogor Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Buat kalian yang suka banget menikmati alam curug bisa menjadi pilihan yang bagus. Berikut 5 destinasi curug di Bogor yang wajib kamu kunjungi!

Curug bogor. Gambar : Instagram/ @aulianoviana

Bogor tidak hanya terkenal dengan kulinernya yang membludak, tapi juga terkenal dengan wisata yang menghadirkan keindahan alam seperti pegunungan dan air terjun. Air terjun dalam bahasa sunda bisa disebut dengan curug. 

Di Bogor banyak sekali keberadaan curug dari yang berukuran kecil hingga sedang. Kamu pun bisa mengunjunginya sambil menikmati trekking di tengah alam, karena sebagian besar masih tersembunyi dengan akses yang tidak mudah.

Dan jika kamu ingin mengunjungi berbagai air terjun atau curug di bogor ini, enggak perlu khawatir nyasar juga karena sekarang makin banyak paket tour ke curug di Bogor yang memudahkan kamu mengunjungi tempat-tempat wisata alam ini. 

1. Curug Cilember

1. Curug Cilember
Curug Cilember. Gambar : Instagram/@adi.numoto

Curug Cilember. Sesuai  dengan nama obyek wisata ini, lokasi curug Cilember berada di desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Lokasinya cukup mudah dijangkau baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Namun untuk mencapai masing-masing lokasi air terjun atau curug ini membutuhkan perjalanan yang cukup menantang. Wisata ini memberikan pengalaman baru bagi anda untuk berpetualang di tengah alam.

Selain air terjun kalian juga dapat menikmati Taman kupu-kupu dan Hutan pinus. Selain itu, wisata curug cilember juga akan menyediakan fasilitas seperti camping ground dan jungle lodge. Untuk memasuki lokasi wisata alam di curug Cilember ini, anda harus mengeluarkan biaya Rp15.000 per orang.

2. Curug Leuwi Hejo

2. Curug Leuwi Hejo
Kejernihan Curug Leuwi Hejo. Gambar : Instagram/ @aulianoviana

Curug Leuwi Hejo mempunyai pemandangan alam yang sangat indah, bahkan karena indahnya tempat ini juga sering disebut-sebut sebagai Green Canyon kota Bogor. Adapun lokasi Curug Leuwi Hejo berada di Kampung Wangan, Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Kota Bogor. Setidaknya Anda bisa mencapai destinasi wisata alam yang indah ini kamu harus menempuh perjalanan dengan jarak 10 kilometer dari pusat kota Bogor.

Harga tiket untuk Curug Leuwi Hejo sebesar Rp15.000 dan biaya parkir kendaraan dari Rp8.000 hingga Rp10.000.

3. Curug Ciburial

3. Curug Ciburial
Curug Ciburial. Gambar : Gmap/ Dok. hasan sadiq

Curug Ciburial adalah air terjun pada tingkatan pertama, dari tiga air terjun dua diantaranya adalah Curug Kembar dan Hordeng.  Air terjun ini berada di kawasan Sentul Bogor. Yang menjadi tempat tepat bagi wisatawan yang menyukai suasana keheningan alam. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun tempat ini begitu indah. Apalagi airnya yang masih sangat jernih.

Objek wisata ini telah dilengkapi fasilitas umum. Seperti parkir kendaraan, penitipan helm, toilet, serta warung – warung. Trekking menuju air terjun cukup menantang, menanjak dan ada bagian curam. Sebaiknya wisatawan mengenakan alas kaki yang nyaman dan aman untuk trekking.

4. Curug Cibaliung

4. Curug Cibaliung
Curug Cibaliung. Gambar : https://piknikasik.com

Curug Cibaliung berlokasi di Kampung Wadung, Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, 16810. Satu daya tarik curug ini adalah perairannya yang jernih hingga menampilkan warna biru kehijauan alami yang sungguh memukau. Yang menarik, Curug Cibaliung masih satu aliran dengan Curug Leuwi Hejo, Leuwi Lieuk, dan Leuwi Cepet. 

Wisata ini menjadi lokasi yang ideal bagi mereka yang suka dengan olahraga trekking. Curug Cibaliung berlokasi di kawasan perbukitan dengan pemandangan alami yang menghadirkan aliran air yang jernih yang disempurnakan dengan udaranya yang sejuk.

5. Curug Goa Lumut

5. Curug Goa Lumut
Curug Goa Lumut di kawasan TNGHS . Gambar : Google Maps/ Dok. Herman SM

Curug Goa Lumut menjadi salah satu destinasi wisata populer yang berada di Gunung Bunder. Salah satu yang menjadi daya tarik curug adalah keunikan air terjun yang dikelilingi oleh tebing batu berlumut yang mengesankan. Selain itu, perjalanan menuju curug juga tidaklah sulit bila dibandingkan dengan curug pada umumnya sehingga bisa dikunjungi untuk semua kalangan usia.

Dengan segala hal yang dimilikinya, membuat banyak pengunjung tergoda untuk berenang atau sekadar bermain air di sekitar kolam. Namun bagi mereka yang tidak bisa berenang, tidak disarankan untuk mencobanya mengingat tingkatan kedalaman air yang berbeda-beda.