4 Tips Wisata Turki Bersama Penulis Layangan Putus!

Setelah viral karna series layangan putus kini Turki menjadi salah satu destinasi wisata yang paling diminati. berikut 4 tips buat kamu yang mau liburan ke Turki!

Ilustrasi Cappadocia Turki. Gambar : Freepik.com/ Dok. Wirestock

Turki menjadi negara yang ramai dibicarakan usai disebut sebagai kota impian dalam series layangan putus. Melihat hal demikian, banyak masyarakat yang ingin berlibur ke Turki. Sebagai salah satu destinasi liburan banyak sekali wisata Turki yang sangat Indah.

buat kalian yang berencana untuk liburan ke Turki setelah menonton series layangan putus simak beberapa tips untuk para wisatawan jika ingin berwisata saat musim salju:

1. Pakai Long John

1. Pakai Long John
Ilustrasi Long John. Gambar : Freepik.com/Dok. VectorPocket

Long John merupakan dalaman yang ketat dan melekat ke kulit. Pakaian ini juga biasa disebut dengan thermal underwear yang diciptakan khusus untuk menghangatkan badan. Jenis pakaian ini mungkin belum familiar bagi masyarakat Indonesia karena negara ini tidak memiliki musim dingin.

Menurut Anita, terkadang jaket tebal atau mantel biasa belum cukup untuk membuat tubuh tetap nyaman.

"Suhu musim dingin di Turki itu minus 13 derajat, tapi rasanya bisa lebih jauh dari itu. Tangan atau anggota tubuh lain yang belum tertutupi bisa beku saat anda wisata di musim salju," jelas dia.

Meski sudah berpakaian tebal dan memakai sarung tangan ataupun memasukkan tangan ke kantong, tetapi seringkali masih terdapat celah untuk suhu dingin masuk ke tubuh jika kita tidak menggunakan long john.

Bahan untuk long john sendiri cukup bervariasi, salah satunya ilah polyester, kalian dapat menemukan long john di rentang harga Rp 200.000 – Rp 500.000 untuk satu pasang.

2. Siapkan pakaian hangat

2. Siapkan pakaian hangat
Ilustrasi Jaket Tebal Saat Musim Salju. Gambar : Freepik.com/ Dok. Prostooleh

Setelah memakai long john, kamu bisa melapisi badan bagian luar dengan beberapa helai pakaian hangat saat anda pergi wisata ke Turki. Mulai dari mantel, sweater, jaket tebal, syal, sarung tangan, hingga beanie.

"Salju di truki bisa benar-benar bikin beku. Kalau tidak siap, bisa sulit bernapas atau mati rasa," kata Anita.

Memakai pakaian hangat dan berlapis dapat meminimalisir terjadinya hipotermia. Jika tidak mendapat penanganan segera, bisa berpotensi menyebabkan gangguan pada sistem saraf dan fungsi organ lain dalam tubuh. Jadi, sebaiknya persiapkan pakaian hangat dengan baik dan kumpulkan berbagai informasi sebelum bepergian.

3. Bawa vitamin dan obat-obatan pribadi

3. Bawa vitamin dan obat-obatan pribadi
Ilustrasi Obat Dan Vitamin. Gambar : Freepik.com/ Dok. macrovector

Sebelum berpergian ke luar negeri atau wisata ke Turki biasakan untuk membawa vitamin atau obat-obatan pribadi jika diperlukan. Perjalanan ke luar negeri bisa melelahkan dan juga membutuhkan waktu lebih lama. Sehingga, wisatawan dianjurkan untuk menjaga kondisi fisik sebelum berangkat serta memiliki persediaan vitamin ataupun obat.

Situasi di negara lain bisa saja berbeda dengan situasi di negara sendiri. Maka dari itu, vitamin atau obat-obatan yang berada di negara asal bisa saja tidak tersedia di negara tujuan. 

4. Bawa makanan kesukaan

4. Bawa makanan kesukaan
Ilustrasi Makanan Atau Snack. Gambar : Freepik.com/ Dok. Azerbaijan

Tips ini tidak kalah penting namun seringkali tidak diperhatikan oleh wisatawan, apalagi orang yang baru pertama kali ke luar negeri.

"Dulu, pernah ada rombongan yang enggak suka atau kurang cocok sama makanannya sampai beneran enggak ngisi perut. Jadi pas tour sempat pingsan dan dibawa ke dokter," ujar Anita.

Pihak dari travel agent selalu berusaha untuk memberikan makanan yang sesuai dengan selera peserta tour. Namun terkadang ada beberapa wisatawan yang tidak cocok dengan makanan yang tersedia. Dengan jadwal wisata yang padat dalam jangka waktu tertentu, melewati waktu makan pun dapat merugikan kesehatan.

"Sebaiknya bawa bekal kesukaan sendiri, lauk atau sambal kemasan gitu biar makan jadi lebih enak," pesan dia.

Sebagai informasi, biaya paket wisata ke Turki bersama penulis Layangan Putus ini dibanderol seharga mulai dari Rp 12,8 juta. Biaya tersebut sudah termasuk tiket pesawat, hotel bintang lima, makan tiga kali, tiket obyek wisata, private bus, tour leader, free Turkish ice cream, air mineral setiap hari, dan tip.

Gimana udah pada siap liburan ke Turki ala Layangan Putus belum?