4 Titik Di Apartemen Ancol Retak Imbas Kena Getaran Gempa Cianjur

Dampak gempa cianjur pada Senin (21/11), membuat empat titik di Apartemen Ancol mengalami keretakan. Simak beberapa kerusakan akibat gempa cianjur

4 Titik Di Apartemen Ancol Retak Imbas Kena Getaran Gempa Cianjur
4 titik di apartemen Ancol retak imbas kena getaran gempa Cianjur. Gambar : Freepik.com

BaperaNews - Gempa 5,6 magnitudo yang berpusat di Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11) siang sekitar jam 13.21 WIB menyebabkan kerusakan di Apartemen Ancol Mansion, Pademangan, Jakarta Utara. Diketahui dampak gempa Cianjur memang terasa di Jakarta hingga Bogor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji menyebut ada empat titik Apartemen Ancol Mansion rusak akibat gempa Cianjur. “Ditemukan keretakan di beberapa titik, di ruang lift lantai 50 dan 51, tangga darurat, dan parkir mobil lantai LG” ujarnya.

Tidak ada penghuni apartemen yang terluka, juga tidak ada yang diungsikan akibat gempa Cianjur tersebut. “Korban dan pengungsi nihil” sambungnya. Sedangkan jumlah kerugian masih dihitung pihak pengelola apartemen. “Kerugian belum dikonfirmasi, masih pendataan” pungkasnya.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) gempa berpusat di Cianjur, tidak berpotensi tsunami. Kedalaman 10 km, tepatnya di 10 km barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Update terbaru dari BPBD Cianjur Selasa pagi (22/11), jumlah korban tewas 162 orang mayoritas anak-anak, 362 orang luka ringan hingga berat, 2.345 rumah rusak berat, dan sekitar 13.400 warga mengungsi.

Baca Juga : Gempa M 5,6 Guncang Cianjur, Getaran Terasa Di Jakarta, Tangerang, Bogor, Hingga Depok

Dampak Gempa Cianjur

Selain apartemen Ancol Mansion yang terdampak akibat gempa Cianjur, sejumlah gedung juga mengalami kerusakan, berikut diantaranya :

  • RSUD Cianjur

RSUD Cianjur mengalami kerusakan, termasuk di ruang IGD yang menjadi lokasi evakuasi korban gempa. Banyak tembok di bagian dalam RSUD yang retak, plafon lepas, hingga ubin pecah. Pasien beresiko tinggi dirujuk ke RS lain di Sukabumi, Bogor, dan Bandung demi alasan keamanan.

  • Gedung DPRD  Cianjur

Gedung DPRD Cianjur ambruk di beberapa bagian, meja dan kursi berserakan terkena reruntuhan bangunan

  • Lapas Cianjur

Lapas Cianjur kelas IIB roboh, seorang anak 4 tahun dilaporkan tewas, adapun anak tersebut ialah warga yang tinggal di dekat lapas, tewas karena tertimpa reruntuhan tembok.

  • 1 pondok pesantren rusak berat.
  • 3 fasilitas pemerintahan rusak.
  • 3 fasilitas pendidikan rusak.
  • 1 tempat ibadah rusak.

Gempa Cianjur Dangkal namun Berdaya Rusak

Gempa Cianjur terbilang dangkal, namun punya daya rusak. BMKG menjelaskan sebab gempa Cianjur bersifat merusak. “Wilayah Sukabumi, Lembang, Purwakarta, Cianjur, dan Bandung secara tektonik memang kawasan seismik aktif yang kompleks, jadi sering terjadi gempa. Jadi komplek tektonik ini yang memicu adanya gempa dangkal namun kekuatannya itu bisa menimbulkan kerusakan yang signifikan” jelasnya.

Baca Juga : Update! Jumlah Korban Gempa M 5,6 Cianjur Yang Terasa Hingga Jabodetabek