Warga Bekasi Dihebohkan Temuan Granat, Polisi Sebut Gas Air Mata

Warga Bekasi, Jawa Barat dihebohkan dengan penemuan benda yang mirip dengan granat, hal ini pun mencuri banyak perhatian warga sekitar. Simak berita lengkapnya!

Warga Bekasi Dihebohkan Temuan Granat, Polisi Sebut Gas Air Mata
Ilustrasi Granat. Gambar: Unsplash.com/Sven Verweij

BaperaNews - Warga dusun Balong Tua, Desa Sukabakti, Kecamatan Tambelang, Bekasi, Jawa Barat heboh dengan penemuan benda sumber ledakan mirip granat, lengkap dengan alat pemicunya yang masih terpasang. Benda berbahaya tersebut pertama ditemukan oleh seorang warga di Kali Jute hari Jumat 4 Februari 2022 jam 17.30 WIB, hal ini pun membuat warga heboh karena ingin melihat secara langsung benda tersebut.

“Ada temuan benda mirip granat sebelum maghrib kemarin di bekasi, banyak warga bekasi datang mau melihat dan memastikan” ujar Alung (33), warga setempat pada hari Sabtu 5 Februari 2022. Menurutnya, tidak ada warga yang paham secara pasti apa jenis benda tersebut, ukurannya sebesar kemasan air mineral botol kecil. “Warga tidak tau dan belum pernah melihat benda seperti itu sebelumnya, apalagi ini kan di kampung, masa ada benda seperti itu” lanjutnya.

Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Tambelang, Ipda Hariyono saat menerima laporan segera mendatangi lokasi tersebut dan membenarkan adanya temuan benda mirip granat di bekasi. Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara di lokasi, benda tersebut diduga kuat granat berisi cairan gas air mata. “Ya, benda itu granat gas air mata, ditemukan oleh seorang warga di sekitar Kali Jute ini” ujarnya.

Baca Juga: PVMBG Keluarkan Peringatan, Anak Gunung Krakatau Erupsi Hingga 9 Kali

Menurutnya, benda tersebut tidak membahayakan, ia pun membawanya ke Mapolsek Tembalang untuk diperiksa lebih lanjut asalnya dan bagaimana bisa ada di perkampungan warga. “Saat ini posisi benda itu sudah di Polsek, tidak bahaya, paling bikin perih mata, itu kemungkinan sudah lama bendanya” katanya.

Kejadian seperti ini sebelumnya juga terjadi di Tangerang Selatan beberapa waktu lalu, sebuah granat nanas yang masih aktif ditemukan di lahan kosong sekitar Stasiun Jurangmangu, Tangerang Selatan hari Kamis 30 Desember 2021 jam 12.00 WIB, benda tersebut ditemukan saat ada alat berat meratakan tanah untuk lahan pedestrian.

Kapolres Tangsel, AKBP Iman Imanuddin saat itu menjelaskan pihaknya langsung koordinasi dengan Gegana Polda Metro Jaya dan diungkapkan pula granat tersebut masih dalam kondisi aktif. Penyisiran pun dilakukan untuk melihat jika mungkin ada granat lain di lokasi tersebut.

Hal ini tentu perlu diperhatikan dimana benda pemicu ledakan yang ada di sekitar warga tentu bisa menimbulkan bahaya jika digunakan oleh pihak yang kurang tau fungsinya atau disalahgunakan, jika menemui benda mencurigakan, Iman menghimbau untuk segera lapor ke pihak berwajib.

Baca Juga: Pemerintah Pusat Berikan Dua Alternatif Rekomendasi WFH Untuk ASN Jabodetabek