Viral Kisah Mahasiswa Gadungan, Undang Orang Tua Wisuda Tapi Ternyata Tak Pernah Kuliah!

Viral kisah seorang perempuan tega menipu orang tuanya selama empat tahun, berpura-pura kuliah di Unika St Paulus Ruteng.

Viral Kisah Mahasiswa Gadungan, Undang Orang Tua Wisuda Tapi Ternyata Tak Pernah Kuliah!
Viral Kisah Mahasiswa Gadungan, Undang Orang Tua Wisuda Tapi Ternyata Tak Pernah Kuliah. Gambar : Ilustrasi Kreator BaperaNews Via Canva

BaperaNews - Seorang perempuan tega menipu orang tuanya selama lebih dari empat tahun. Mahasiswi gadungan ini berhasil mengelabui orang tuanya dengan mengaku berkuliah di Universitas Katolik (Unika) St Paulus Ruteng, Manggarai, padahal kenyataannya dia tidak pernah kuliah.

Kebohongan ini terbongkar saat perempuan tersebut mengajak orang tuanya menghadiri "wisuda" di kampus pada Sabtu, 11 November 2023. Wakil Rektor I Bidang Akademik Unika St Paulus Ruteng, Marsel Ruben Payong, mengungkapkan bahwa perempuan itu hadir dengan menggunakan toga layaknya wisudawan.

"Dia datang, sudah rias segala, seperti teman-teman lain," ungkap Marsel, Senin (13/11).

Namun, ironisnya, saat acara wisuda berlangsung, namanya tidak dipanggil, dan dia tidak diizinkan masuk ke dalam gedung karena tidak memiliki tanda pengenal dan atribut yang diperlukan. Perempuan tersebut akhirnya terpaksa bersembunyi di luar gedung tempat acara wisuda.

Setelah kejadian itu, Marsel menerima laporan dari panitia wisuda bahwa ada orang tua yang mencari anaknya yang namanya tidak dipanggil saat acara. Penelusuran pun dilakukan, dan terbukti bahwa nama mahasiswi gadungan itu tidak tercatat dalam data Kementerian Pendidikan.

Baca Juga : Kelakuan Mahasiswa di Pernikahan Dosen, Malah Minta Tanda Tangan Tugas

Marsel menjelaskan bahwa perempuan tersebut sebenarnya pernah mendaftar kuliah di Program Studi Pendidikan Guru SD Unika St Paulus Ruteng pada 2019. Namun, dia tidak melanjutkan proses pendaftarannya sehingga tidak menjadi mahasiswi resmi kampus tersebut.

Kisah serupa juga terjadi di Universitas Hasanuddin (Unhas) di Makassar, Sulawesi Selatan. Seorang mahasiswi gadungan berinisial CDA berhasil menipu sejumlah mahasiswi baru dengan pura-pura menjadi bagian dari mereka. Meski tidak lulus dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru, CDA tetap bergabung dengan mahasiswa Unhas bahkan masuk ke dalam grup WhatsApp mereka.

Kepolisian menerima laporan dari setidaknya empat korban yang mengalami kerugian mencapai Rp 900 ribu akibat tindakan penipuan CDA. Polisi telah menangkap CDA dan sedang melakukan proses penyelidikan lebih lanjut.

Kepala Biro Komunikasi dan Humas Unhas Makassar, Ahmad Bahar, menjelaskan bahwa ada empat korban yang melaporkan menjadi korban penipuan CDA. Ahmad Bahar juga menekankan pentingnya orang tua untuk selalu memeriksa status keaktifan anaknya di pangkalan data perguruan tinggi untuk menghindari kasus serupa.

Kedua kasus ini menjadi peringatan bagi lembaga pendidikan dan orang tua untuk lebih waspada terhadap potensi penyamaran di lingkungan kampus.

@baperanews.com Seorang perempuan tega menipu orang tuanya selama lebih dari empat tahun. Mahasiswi gadungan ini berhasil mengelabui orang tuanya dengan mengaku berkuliah di Universitas Katolik (Unika) St Paulus Ruteng, Manggarai, padahal kenyataannya dia tidak pernah kuliah. #viral #mahasiswi #mahasiswagadungan #NTT ♬ Sad and lonely - MoppySound

Baca Juga : Mengerikan Ini Kasus Pembunuhan Mahasiswa