Viral Guru dan Siswa di Surabaya Nari Bareng Diapresiasi Mendikbud Nadiem

Sebuah video guru dan semua siswa di kelas menari bersama viral di media social, video tersebut mendapat apresiasi oleh Mendikbud Nadiem Makarim.

Viral Guru dan Siswa di Surabaya Nari Bareng Diapresiasi Mendikbud Nadiem
Viral Guru dan Siswa di Surabaya Nari Bareng Diapresiasi Mendikbud Nadiem. Gambar : Screenshoot Video/detik.com

BaperaNews - Sebuah video guru dan semua siswa di kelas menari bersama viral di media social Instagram, unggahan tersebut pun mendapat apresiasi dan diunggah  ulang oleh Mendikbud Nadiem Makarim. Video berdurasi 1 menit tersebut pertama kali diposting oleh sang guru di akun Instagramnya @abing_santoso2961, Abing, nama guru tersebut juga sudah mengijinkan videonya diposting ulang. Dalam video Nampak Abing menari tradisional bersama 16 siswa siswinya kelas XI jurusan seni tari di SMKN 12 Surabaya.

Abing menjadi pemandunya di depan kelas, dan para murid mengikuti gerakannya dari bangku masing-masing, di tengah video ada penampilan wayang kulit dari salah seorang siswa dan kemudian dilanjutkan dengan menari bersama lagi.

“Ini tarian khas Jawa Timur, Gending Srampat namanya, namun saya modifikasi sedikit sesuai versi saya” ujarnya Minggu 17 April 2022. Abing mengungkap ia posting video pada hari Kamis 7 April 2022, ide pembuatan video asalnya dari pemikirannya sendiri, dengan tujuan membuat pelajaran jadi lebih menyenangkan dan untuk mengisi kekosongan waktu.

“Sebenarnya itu waktu tidak ada kelas, karena kelas XII sedang ujian, jadi kelas XI libur, dari pada bosan di rumah terus, saya tanya ke murid saya, enaknya ngapain ya biar ga bosan, akhirnya dapat ide bikin video menari tarian tradisional ini” jelasnya.

Baca Juga : Viral Langit Cimahi Berwarna Biru Di Malam Hari, Ini Penjelasan BMKG

Namun ternyata selain bisa mengisi kekosongan waktu, Abing dan para muridnya bisa memberi inspirasi untuk seluruh masyarakat Indonesia dimana banyak yang tidak tahu tentang kekayaan budaya Indonesia termasuk tarian tradisional ini.

Sebab itu kami ingin kenalkan dari konten sederhana di video tapi yang elegan, lewat sosial media. Abing sendiri ialah lulusan dari STKW Surabaya (Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta). Abing sudah membuat video serupa 5 kali sebelumnya, namun baru kali ini yang viral hingga diberi apresiasi oleh Mendikbud.

“Pasti adik-adik dari SMKN 12 Surabaya juga merasa senang sekali punya guru yang kreatif seperti Pak Abing, berkat kreatifitas Pak Abing, Gending Srampat terdengar menarik dan memberi inspirasi untuk penggerak budaya lain untuk bisa turut mengembangkan dan memajukan karya seni tradisi, semangat untuk terus berkarya” tulis Nadiem Makarim di akun Instagramnya.

Baca Juga : Komet Terbesar Mengarah Ke Bumi, Jarak Terdekat 1,6 Miliar Km Di 2031!