Viral Langit Cimahi Berwarna Biru Di Malam Hari, Ini Penjelasan BMKG

Viral sebuah video memperlihatkan langit Cimahi berwarna biru dimalam hari, begini penjelasan BMKG!

Viral Langit Cimahi Berwarna Biru Di Malam Hari, Ini Penjelasan BMKG
Ilustrasi Langit Malam Hari. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Semburat warna biru di Cimahi, Jawa Barat terekam dalam sebuah video dan viral, pasalnya warna biru di langit Cimahi terjadi di malam hari yang seharusnya langit dalam keadaan gelap, namun di video tersebut menampilkan langit Cimahi berwarna biru di malam hari, hal ini pun menarik perhatian BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika).

BMKG menjelaskan pada Sabtu 16 April 2022, dalam video yang beredar tersebut tepatnya berada di Jalan Kihapit, Leuwigajah, Cibeber, Cimahi pada hari Jumat 15 April 2022 sekitar jam 21.30 WIB, video berdurasi 18 detik.

“Jam 9 malam guys” ujar perekam video tersebut. “Tapi disana langitnya terang” lanjutnya sambil mengarahkan kamera ke arah langit yang biru terang seperti kala siang hari.

Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu, menjelaskan, jika langit berwarna biru terang hanya di salah satu sisi dan sisi lainnya gelap, kemungkinan besar cahaya terang berasal dari sumber yang lain. “Sebenarnya kalau di sekitarnya itu gelap kondisinya, itu mungkin ada sumber cahaya lain dari permukaan, fenomena ini biasa diamati ketika sedang meneropong bintang” ujar Teguh.

Teguh melanjutkan, di awal video cukup jelas terlihat bahwa sumber cahaya datangnya dari permukaan, sebab dari pengamatan satelit, langit Cimahi sejak sore hingga malam kondisinya cerah berawan.

Baca Juga : Makna Penting Kapal Perang Rusia yang Hancur Diserang Ukraina

Sejumlah warganet yang juga melihat langit terang tersebut turut berkomentar dan memberi kesaksian.

“Itu cahayanya dari laser gedung Unjani, ada video tron disitu super gede” ujar akun @herawati***.

Sementara akun @galihindra*** mengomentari “itu dari layar besar dekat jalan tol, radi juga tolnya jadi berwarna biru terang, lokasinya dekat banget” ujarnya.

Namun warganet lain ada yang memberi kesaksian lain, menurutnya langit di Cimahi memang sering berwarna biru terang setelah hujan.

“Biasanya perbedaan hujan dan cerah, kalau siang itu satu mendung yang satu cerah, aurora hujan” ujar @arie***.

Teguh pun juga memberi penjelasan tentang kesaksian warganet tersebut, secara ilmiah, jika kondisi langit malam berwarna biru terang, artinya atmosfer sedang dalam keadaan cerah. “Cuaca cerah di malam hari itu kondisi yang lazim terjadi ketika ada peralihan musim, tapi kondisi cerah ini dinamis, cepat berubahnya” tutup Teguh.

Baca Juga: Diluar Dugaan, Pemusnahan Mercon Sitaan Merusak 35 Rumah Warga dan Sekolahan, Polres Bangkalan Siap Ganti Rugi