Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Penting dan Aman, KIPI yang Dialami Ringan

Muhajir Effendy menjelaskan bahwa vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun sangatlah penting untuk melindungi anak-anak dari covid-19 dan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau KIPI yang dialami juga ringan belum terlalu bahaya.

Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Penting dan Aman, KIPI yang Dialami Ringan
Presiden Jokowi saat menyaksikan vaksinasi anak. Gambar : ANTARA/ Dok. Sigid Kurniawan

BaperaNews - Muhajir Effendy Menteri Koordinator Kebudayaan dan Pembangunan Manusia mengatakan vaksinasi untuk anak usia 6 – 11 tahun adalah langkah maju untuk melindungi anak - anak dari Covid 19. Hal ini juga meningkatkan rasa percaya dan mengurangi kecemasan orang tua ketika anak memulai belajar tatap muka di sekolah.

“Jadi kami akan dukung vaksinasi anak usia  6 – 11 tahun karena ini bagus untuk rasa percaya diri para orang tua, tidak khawatir lagi akan bahaya Covid 19 karena sudah terlindungi oleh vaksin” kata Muhajir dalam keterangan tertulisnya Rabu 15/12/2021.

Penyuntikan vaksin kepada anak usia 6 – 11 tahun dilakukan secara injeksi atau intramuskular di lengan atas dengan dosis 0,5 ml, diberikan 2 kali dengan jarak 28 hari. Sebelum dilakukan vaksin, anak-anak juga sudah diskrining dengan memakai format standar petugas.

Adapun adanya vaksinasi anak-anak usia 6 – 11 tahun karena terbitnya rekomendasi dari Komite Penasehat dan Ahli Imunisasi Nasional tentang kajian vaksin Covid 19 untuk anak usia 6 – 11 tahun. Selain itu juga sudah ada rekomendasi dari EUS (Emergency Use Authorization) dan ijin BPOM untuk penggunaan Sinovac bagi anak 6 – 11 tahun.

“Vaksin ini sudah mendapat status EUA dan BPO, mereka sudah meneliti dan mengkaji sejak lama, jadi InsyaAllah aman” tambah Muhajir.

Keamanan vaksin Covid 19 untuk anak usia 6 – 11 tahun memang terbukti adanya, belum ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau KIPI yang serius pada anak usai divaksin. Hal ini disampaikan oleh Siti Maria Juru Bicara Kementerian kesehatan RI.

Nadia juga menjelaskan tujuan pemberian vaksin Covid 19 untuk anak usia 6 – 11 tahun adalah melindungi setiap dari tertular Covid 19 maupun sakit berat dan kematian akibat Covid 19. Juga diharapkan mampu menekan penularan Covid 19 terhadap kelompok umur lainnya.

Dikonfirmasi secara terpisah oleh Ketua Komnas KIPI, Hinky Irawan, KIPI yang terjadi sama halnya seperti orang dewasa, hanya ringan saja seperti bengkak atau sedikit nyeri di lokasi suntikan, demam ringan, nafsu makan meningkat, mudah mengantuk, kadang ada yang merasa lelah atau mual.

KIPI akan hilang sendiri setelah 3 hari vaksinasi.