Pembangunan IKN Bakal Usung Konsep Future Smart Forest City

IKN (Ibu Kota Negara akan mengusung pembangunan berkonsep future smart forest city dengan lebih dari 75% wilayahnya dibangun dengan kawasan hijau.

Pembangunan IKN Bakal Usung Konsep Future Smart Forest City
IKN usung konsep future smart forest city. Gambar : Instagram/@jokowi

BaperaNews - Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur akan mengusung pembangunan berkonsep future smart forest city. Lebih dari 75% wilayahnya dibangun dengan pepohonan atau kawasan hijau.

IKN akan menjadi representasi indonesia dengan mewujudkan kota unggul smart city atau kota pintar dengan teknologi canggih yang modern berkelanjutan dan berstandar internasional sehingga menjadi contoh bagi pembangunan kota-kota lain seluruh indonesia.

Dilansir dari laman IKN.go.id pada jumat (21/10), jarak tempuh satu kawasan ke kawasan lainnya di IKN hanya butuh waktu 10 menit saja. 80% kendaraan publik juga akan dikerahkan disana, tentunya dengan mengutamakan kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

IKN akan menjadi kota yang terbuka, inklusif, dan ramah untuk seluruh masyarakat hidup berdampingan. Instalasi kapasitas energi terbarukan akan mampu memenuhi 100% kebutuhan energy di IKN.

Targetnya, 60% peningkatan energi di bangunan yang baru pada tahun 2045 mendatang dan net zero emissions di tahun yang sama.

Dalam konsepnya, future smart city ini 10%nya dari lahan kawasan pemerintah IKN dibuat untuk kepentingan produksi pangan, 60% timbunan sampah di tahun 2045 akan ddaur ulang, air limbahnya diolah dengan sistem khusus pada tahun 2035 sebanyak 100%.

Baca Juga : Teknologi Canggih di IKN, Kendaraan listrik Tak Perlu Berhenti Untuk Mengecas

Teknologi untuk efisiensi dan kenyamanan

Ibu Kota Negara (IKN) ini pastinya akan dijalankan dengan teknologi luar biasa canggih bagi para penduduknya future smart city ini mendapat very high dari e-gov development index oleh pbb dimana 100% konektivitasnya digital dan tik untuk semua penduduk dan kebutuhan bisnis serta lebih dari 75% bisnis dijalankan dengan layanan digital.

Dari laman diskominfo provinsi Kalimantan, menkominfo Johnny G. Plate menyampaikan, IKN akan didukung penuh oleh teknologi 5g terbaru.

“IKN ini akan dibangun dengan teknologi yang terbaru, menjadi smart capital city, IKN akan didukung teknologi informasi baru termasuk 4g dan 5g secara khusus 5g” tuturnya.

Johnny G. Plate menyebut timnya sedang merancang sistem pembangunan bersama Bappenas untuk menyusun kota yang hijau, cerdas, indah, dan sustain. “Jadi smart city, green city, beautiful city, dan sustainable city, itu kita siapkan dengan sangat baik” pungkasnya.

Ekonomi juga diperhatikan

Selain konsep alam dan teknologi canggih, perekonomian di IKN juga jadi perhatian khusus. Angka kemiskinan ditargetkan 0% pada tahun 2035, pdb per kapita tinggi, dan rasio gini regionalnya terendah se indonesia pada tahun 2045.

IKN akan dibangun secara bertahap mulai tahun 2022 – 2024. Saat ini sudah mulai dibangun yakni yang berhubungan dengan pusat pemerintahan, infrastruktur dasar pemukiman juga mulai dibangun, serta akses jalan.

Jadi penasaran bukan bagaimana nanti hasilnya future smart city IKN ini?

Baca Juga : Segera Hadir, Ibu Kota Nusantara Dalam Bentuk Metaverse