Tim Investigasi Usut Penyebab Kebakaran Museum Nasional Secara Transparan

Kebakaran terjadi di Museum Nasional, juga dikenal sebagai Museum Gajah. Tim investigasi akan menentukan penyebab pasti insiden ini.

Tim Investigasi Usut Penyebab Kebakaran Museum Nasional Secara Transparan
Tim Investigasi Usut Penyebab Kebakaran Museum Nasional Secara Transparan. Gambar: Twitter/Humasjakfire

BaperaNews - Museum Nasional, yang dikenal juga dengan sebutan Museum Gajah, mengalami kebakaran pada Sabtu malam (16/9). Titik api pertama kali muncul dari bedeng petugas proyek perbaikan, kemudian merambat ke Gedung A, salah satu dari tiga bangunan utama di kompleks museum tersebut.

Plt Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (MCB), Ahmad Mahendra, mengonfirmasi bahwa pihaknya akan membentuk tim investigasi untuk menyelidiki penyebab kebakaran Museum Nasional.

"Begitu api padam, kami akan langsung mengerahkan tim investigasi internal untuk menentukan penyebab pasti kebakaran serta melakukan pendataan terhadap koleksi baik yang terdampak maupun yang sudah diamankan," ujar Mahendra pada Minggu (17/9).

Ia juga menegaskan bahwa penyelidikan akan dilakukan secara transparan dan akan bekerja sama dengan pihak berwenang. Komunikasi akan terjalin dengan publik mengenai perkembangan penyelidikan melalui pembaruan berkala.

Dugaan Penyebab Kebakaran Museum Nasional

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta mengungkapkan bahwa dugaan sementara kebakaran Museum Nasional disebabkan oleh letupan dari pendingin udara (AC) di bangunan non-permanen pekerja di belakang gedung.

Baca Juga : Kebakaran Hebat, Koleksi Museum Nasional Dipastikan Aman

"Ada letupan AC yang mengakibatkan adanya api, terjadi perambatan ke sisi Gedung A1 bagian belakang," kata Kepala Dinas Gulkarmat DKI, Satriadi Gunawan, kepada detikcom, Sabtu (16/9).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Nadiem Makarim, menanggapi insiden kebakaran tersebut dengan serius. Ia meminta Polda Metro Jaya untuk segera menyelidiki kasus ini dan mengetahui penyebab pasti kebakaran Gedung A Museum Nasional.

"Tadi kami juga berbicara dengan aparat kepolisian untuk segera melakukan investigasi apa alasan dan penyebab kebakaran tersebut," ujar Nadiem, Minggu (17/9) dini hari.

Selain itu, Nadiem juga membentuk tim gabungan untuk menginventarisasi barang-barang bersejarah yang terdampak.

Sebagai imbas dari insiden tersebut, Museum Nasional kebakaran dan akan ditutup sementara untuk umum. Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Komarudin, memastikan bahwa penjagaan museum akan ditingkatkan.

"Satuan personil kita siapkan baik di bagian depan maupun belakang kita akan melakukan penutupan sementara sampai nanti dinyatakan oleh pengelola sendiri bahwa tempat ini sudah bisa dibuka lagi untuk umum," kata Komarudin, Sabtu (16/9).

Dengan peristiwa kebakaran yang menggemparkan ini, masyarakat diharapkan dapat memberikan dukungan kepada pihak museum. Penyebab pasti kebakaran museum nasional ini masih menunggu hasil investigasi resmi, dan semoga koleksi berharga yang menjadi saksi sejarah bangsa Indonesia dapat segera pulih dan aman kembali.

View this post on Instagram

A post shared by Bapera News (@baperanews)

Baca Juga : Kronologi Kebakaran di Petojo Selatan Gambir, 960 Warga Terkena Imbas