Solidaritas Indonesia, Fahd A Rafiq: Bantuan Kemanusiaan ke Palestina Melepas Pengiriman

Presiden Jokowi beri bantuan seberat 51,5 ton termasuk bahan makanan, alat medis, selimut, dan tenda dikirimkan ke Palestina.

Solidaritas Indonesia, Fahd A Rafiq: Bantuan Kemanusiaan ke Palestina Melepas Pengiriman
Solidaritas Indonesia, Fahd A Rafiq: Bantuan Kemanusiaan ke Palestina Melepas Pengiriman. Gambar : Dok.Istimewa

BaperaNews - Presiden Republik Indonesia secara resmi melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Palestina pada Sabtu, 4 November 2023. Acara ini berlangsung di Pangkalan TNI Angkatan Udara, Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq mengapresiasi bentuk kepedulian Indonesia terhadap Palestina dengan bentuk bantuan yang dikirimkan.

“Bantuan ini merupakan bentuk solidaritas kita sebagai Indonesia yang selalu menjunjung tinggi kedaulatan negara Palestina, Kita Indonesia akan selalu menjadi garda terdepan bagi keadilan mereka.” Ujar Fahd A Rafiq, Selasa (7/11).

Dalam pidatonya, Presiden menyampaikan bahwa bantuan tahap pertama, yang akan dikirim menggunakan tiga pesawat, berisi bantuan seberat 51,5 ton. Bantuan tersebut meliputi bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan di Gaza.

Presiden juga menekankan bahwa bantuan ini bukan hanya dari pemerintah, tetapi juga berasal dari masyarakat dan dunia usaha, yang disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusiaan. Banyak lembaga yang ikut serta dalam upaya penggalangan bantuan, termasuk Baznas, IHA, PMI, Kitabisa, serta TNI dan Polri.

Selanjutnya, Presiden mengungkapkan bahwa pengiriman bantuan tahap selanjutnya juga sedang dalam proses persiapan. Ini adalah wujud solidaritas Indonesia terhadap Palestina dan juga kepedulian terhadap isu kemanusiaan.

“Kami warga Indonesia juga selalu berdoa untuk kebaikan para warga Palestina, mereka sudah mengalami kesusahan akibat perang yang sangat buruk. Mereka pantas untuk mendapatkan hidup selayaknya manusia normal juga.” Ujar Fahd A Rafiq, Selasa (7/11).

Presiden menegaskan kembali bahwa Indonesia akan terus mendukung perjuangan bangsa Palestina. Ini adalah bagian dari komitmen Indonesia dalam menjalankan peran sebagai negara yang peduli terhadap perdamaian dan kemanusiaan di dunia.

Penulis : Ahmad G