Saifullah, SE, MM Pemimpin Yang Diidolakan Masyarakat Langsa di 2024

Sosok seorang pemimpin Saifullah, SE, MM yang selalu di rindukan dan di idolakan masyarakat kota Langsa.

Saifullah, SE, MM Pemimpin Yang Diidolakan Masyarakat Langsa di 2024
Saifullah, SE, MM Pemimpin yang di idolakan masyarakat Langsa di 2024. Gambar : Istimewa

BaperaNews - Menjadi seorang pemimpin adalah amanah dengan tanggung jawab yang besar kepada masyarakat yang akan dipegang semua keperluannya terhadap seorang pemimpin. 

Menurut HR Muslim “Sebaik-baiknya pemimpin kamu adalah mereka yang kamu cintai dan mereka pun mencintamu, kamu menghormati mereka dan merekapun menghormati kamu. Pun sejelek-jeleknya pemimpin kamu adalah mereka yang kamu benci dan mereka pun benci kepada kamu. Kamu melaknat mereka dan mereka pun melaknatmu”

Memilih pemimpin bukanlah hal yang mudah tapi hal ini berkaitan langsung dengan fungsi dan keterampilan, saat menjadi seorang pemimpin yang baik ialah bukan hanya saja kebetulan menjadi pemimpin. 

Seorang yang benar mempunyai jiwa pemimpin, ia memenuhi ketentuan-ketentuan yang diajarkan oleh islam. Sedangkan pemimpin kebetulan adalah orang yang kebetulan menjadi pemimpin, tanpa dilandasi keterampilan dalam memimpin dan tidak tahu aturan.

Pemimpin haruslah berpihak pada rakyat dan umat karena pemimpin datang dari umat dan memimpin untuk umat.

“Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Saifullah, SE, MM sekarang diketahui menjabat Wakil Ketua I DPRK Langsa dari Partai Golkar dan banyak juga jabatan organisasi lain dipimpinnya saat ini. Ia merupakan sesosok pria yang mempunyai jiwa kepemimpinan. 

Ketika menjadi Wakil Ketua I DPRK Langsa Mulai 2019 s/d 2024. Saifullah merupakan LEADER yang Tegas, Disiplin, Humanis, Cerdas dan Visioner, dekat dengan rakyat dan selalu memberikan perhatian lebih kepada masyarakat Kota Langsa. Terbukti bukan hanya dapil nya saja tetapi di luar dapil nya Saifullah ikut memperhatikannya juga.

Pengertian Pemimpin

Suradinata (1997:11) berpendapat bahwa pemimpin adalah orang yang memimpin kelompok dua orang atau lebih, baik organisasi maupun keluarga sedangkan kepemimpinan adalah kemampuan seorang pemimpin untuk mengendalikan, memimpin, mempengaruhi fikiran, perasaan atau tingkah laku orang lain untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Sedangkan kepemimpinan adalah merupakan suatu kemampuan yang melekat pada diri seorang yang memimpin yang tergantung dari macam-macam faktor, baik faktor intern maupun faktor ekstern. Pemimpin jika dialihbahasakan ke bahasa Inggris menjadi “LEADER”, yang mempunyai tugas untuk LEAD anggota di sekitarnya. Sedangkan makna LEAD yakni:

  1. Loyality, seorang pemimpin harus mampu membangkitkan loyalitas rekan kerjanya dan memberikan loyalitasnya dalam kebaikan.
  2. Educate, seorang pemimpin mampu untuk mengedukasi rekan-rekannya dan mewariskan pada rekan-rekannya.
  3. Advice, memberikan saran dan nasehat dari permasalahan yang ada.
  4. Discipline memberikan keteladanan dalam berdisiplin dan menegakkan kedisiplinan dalam setiap aktivitasnya.

Sosok Saifullah, SE, MM mencerminkan makna LEADER tersebut terlihat dengan bagaimana masyarakat kecil sangat merindukan Saifullah sebagai pemimpin, seperti beliau untuk kota Langsa di 2024 nantinya.

Salah satu pemimpin yang di idolakan masyarakat ini ialah Saifullah, SE, MM. ia merupakan Wakil Ketua I DPRK Langsa dari Partai Golkar.

Saifullah merupakan sosok pemimpin yang pro rakyat merupakan hal biasa, namun langka. Sehingga membuat masyarakat kecil selalu merindukan sosok kepemimpinan beliau bahkan sampai menjadikan beliau cerminan diri.

Kerinduan masyarakat Kota Langsa kepada Saifullah, SE, MM adalah satu bukti dan bentuk kecintaan rakyat kepada sosok pemimpin yang pro rakyat dan dekat dengan rakyat.

Menjadikan karakter kepemimpinan Saifullah, SE, MM sebagai pemimpin yang benar-benar ataupun betul-betul pemimpin rakyat, bukan pemimpin yang kebetulan jadi pemimpin.

Mengutip sebuah mutiara hadits dalam agama sudah menjadi ketetapan-Nya bahwa kita adalah seorang pemimpin.

Hal ini tidak mempedulikan apa jabatannya sekarang, berapa jumlah bawahannya, strata pendidikannya, darimana sukunya berasal, dan berapa penghasilannya per bulannya. Kita murni terlahir sebagai pemimpin di dunia ini, entah itu di lingkup organisasi maupun lingkup kecil keluarga tersayang atau dalam lingkup yang lebih kecil lagi, diri kita pribadi.

Kita selalu dituntut tampil dengan baik sebagai seorang pemimpin. Pemimpin yang bisa mengayomi, pemimpin yang bisa melindungi dan menjadi teladan bagi pengikut atau orang yang dipimpinnya.

Sebenarnya, pemimpin dan kepemimpinan merupakan suatu kesatuan kata yang tidak dapat dipisahkan secara struktural maupun fungsional. Seperti organisasi, juga terdapat banyak pengertian-pengertian mengenai pemimpin dan kepemimpinan.