Amankah Menstrual Cup Digunakan Bersamaan Dengan KB Spiral? Simak Penjelasan Berikut!

Menstrual cup merupakan salah satu produk yang bisa digunakan ketika menstruasi. Namun, apakah aman jika menstrual cup digunakan secara bersamaan dengan IUD atau KB Spiral? Simak penjelasannya!

Amankah Menstrual Cup Digunakan Bersamaan Dengan KB Spiral? Simak Penjelasan Berikut!
Amankah Menstrual Cup Digunakan Bersamaan Dengan IUD? Simak Penjelasan Berikut! Gambar : Unsplash.com/Dok. Oana Cristina

BaperaNews - Menstrual cup merupakan salah satu produk yang bisa digunakan ketika menstruasi. Produk yang serupa dengan pembalut ini dapat digunakan berulang kali sehingga dikenal sebagai salah satu produk yang tidak membahayakan lingkungan.

Selain produk yang dinilai tidak membahayakan lingkungan, menstrual cup juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk perempuan yang sedang menstruasi. Salah satunya ialah bisa digunakan bersama dengan IUD atau KB Spiral. Kendati demikian terdapat beberapa ahli yang menolak penggunaan menstrual cup bersamaan dengan IUD atau KB Spiral.

Lalu, apakah penggunaan menstrual cup bersama dengan IUD atau KB Spiral berbahaya?

Menstrual cup merupakan salah satu produk yang dapat menggantikan fungsi dari pembalut ketika menstruasi. Menstrual cup yang sudah masuk dengan benar ke dalam vagina kemudian akan membuat segel kedap udara sehingga posisinya tidak akan berubah.

Dilansir dri WebMD, cara kerja menstrual cup yang membuat segel kedap suara inilah yang nantinya dapat menaggung posisi IUD atau KB Spiral. Segel kedap udara ini bisa menarik IUD atau KB Spiral sehingga posisinya dapat berubah, bahkan bisa tertarik ke luar.

Meskipun demikian, hingga kini belum ada kasus penggunaan terkait menstrual cup yang mengganggu posisi IUD atau KB Spiral.

Baca Juga : Perempuan Di Zimbabwe Pakai Kotoran Sapi Saat Haid Usai Harga Pembalut Terlalu Mahal

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas British, Columbia yang terbit pada Contraception Journal pada tahun 2012, penggunaan menstrual cup tidak terbukti bisa menganggu posisi IUD.

Penelitian yang melibatkan 930 wanita yang menggunakan IUD dan juga menggunakan menstrual cup. Membuktikan bahwa 27 dari 930 wanita tersebut melaporkan adanya perubahan posisi IUD dan bahkan keluar dari vagina. Meskipun begitu, 27 wanita tersebut menggunakan produk sanitasi yang berbeda, baik itu menstrual cup, tampon, ataupun pembalut. Dari sini, tidak bisa dibuktikan bahwa penggunaan menstrual cup bisa mempengaruhi posisi IUD.

Bahkan, dilansir dari WebMD, Shieva Ghofrany menyatakan bahwa menggunakan menstrual cup dan IUD atau KB Spiral secara bersamaan sangatlah aman. Menurutnya, posisi IUD dan menstrual cup sangatlah berbeda sehingga tidak akan ada intervensi yang terjadi.

IUD terletak di dalam rongga rahim, sedangkan menstrual cup berada di dalam vagina. Meskipun begitu, Anda perlu mendiskusikannya dengan dokter Anda sebelum menggunakan menstrual cup bersama dengan IUD.