Roy Suryo Sebut Banyak TKA China Unskilled, PSI Katakan Rasis

Mantan Menpora Roy Suryo mengatakan TKA China unskilled, PSI sebut Ia rasis.

Roy Suryo Sebut  Banyak TKA China Unskilled, PSI Katakan Rasis
Roy Suryo sebut TKA China Unskilled, PSI sebut Ia Rasis. Gambar : Detik.com/Dok. Rengga Sancaya

BaperaNews - Mantan Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia) Roy Suryo, mengatakan banyak TKA (tenaga kerja asing) dari China yang tidak punya keahlian atau unskilled di Indonesia.

Hal tersebut Suryo sampaikan untuk merespon pernyataan Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie yang mengatakan bahwa TKA termasuk dari China dipekerjakan di Indonesia karena sudah punya kemampuan khusus dan punya sertifikasi.

“Unskilled labour dari TKA-TKA China itu banyak sekali ada dimana-mana” ujar Roy Suryo (2/6).

Roy menjelaskan, banyak TKA China yang datang ke Indonesia untuk mengambil hak tenaga kerja warga Indonesia sendiri dan mereka ikut mencari nafkah di tanah air ini, padahal mereka yang datang tak punya keahlian dan konstitusi TKA yang tak berkemampuan secara konstitusi seharusnya tak boleh didatangkan.

“Video yang saya perlihatkan kepada Anda semua, bahwa kalau tukang las dari China itu tidak punya keahlian khusus alias unskilled labour itulah yang jadi jawaban inti telak saya” imbuh Roy.

Meski Roy Suryo tidak menyebut secara spesifik, video yang ia unggah itu menunjukkan kinerja TKA China yang disebut sedang kerja di proyek kereta cepat, menurutnya, TKA China yang kerja tersebut hanya membuat kondisi jadi runyam sebab sejak awal proyek itu berdiri sudah banyak bermasalah.

Baca Juga : Eks Walikota Yogyakarta Ditangkap Tim KPK Diduga Terlibat Kasus Suap

“Tidak hanya tukang lasnya, tapi juga tanpa AMDAL sehingga ada banjir di Purwakarta, salah ukur tiang penyangganya sehingga dibongkar lagi, sampai perubahan rute bahkan penggunaan APBN yang akhirnya jadi beban Negara dan masyarakat” ungkap Roy Suryo.

Grace Natalie sebelumnya memberi komentar atas pernyataan mantan Kepala BIN (Badan Intelijen Negara) Sutiyoso tentang WNA China yang kerja sebagai tenaga kasar di Indonesia, bukan sebagai tenaga ahli.

Menurut Grace, WNA China tersebut yang kerja sebagai tukang las di Indonesia itu bukan tukang las biasa, namun sudah punya kemampuan khusus dan sertifikasi.

Roy Suryo pun kemudian membantah ucapan Grace disertai dengan video bukti hasil pekerjaan para TKA China tersebut yang nyatanya banyak dikeluhkan hasil lasnya, Roy mengunggah di akun Twitternya @KRMRoySuryo2.

“Kemampuan khusus si tukang las? Lihat benar pengelasannya, ambyar” tulis Roy pada hari Senin (30/5).

Sedangkan Grace Natalie kembali menanggapi pernyataan Roy, menurutnya, video yang diunggah oleh Roy tidak mempresentasikan konteks yang dimaksud. “Lagipula yang saya kritisi ialah narasi dari Bang Sutiyoso yang rasis dan tak sesuai dengan fakta, lalu kenapa ini jadi tukang las yang dibahas” imbuhnya.